PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Ciri-ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri makhluk hidup. Makhluk hidup sangat berbeda dengan benda mati yang hanya diam dan tidak membutuhkan apa-apa. Makhluk hidup mempunyai aktivitas yang menjadi ciri-ciri makhluk hidup.biology Setidaknya ada 9 ciri-ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati. berikut ini adalah ciri-ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

1 . Bergerak
Bergerak adalah merupakan perubahan posisi, baik seluruh tubuh atau sebagian. Gerakan ini lebih mudah di lihat pada hewan daripada tumbuhan. Gerakan pada hewan dapat dilihat saat berpindah tempat. Sedangkan pada tumbuhan contoh gerakan yang signifikan dapat dilihat pada tumbuhan putri malu. 

2 . Peka Terhadap Rangsang (iritabilitas)
Tumbuhan, hewan dan manusia mempunyai kepekaan terhadap rangsang. Rangsangan ini akan ditanggapi dengan gerakan.

3 . Memerlukan Makan (nutrisi)
Untuk bisa tumbuh dan berkembang makhluk hidup membutuhkan nutrisi. Nutrisi ini diperoleh melalui makanan yang dimakan. Setiap makhluk hidup mempunyai cara yang berbeda-beda dalam memperoleh makanan. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri, tetapi tergantung pada makhluk hidup lainnya.

4 . Bernafas (respirasi)
Bernafas adalah proses pengambilan oksigen dan pengeluaran karbondioksida oleh alat-alat pernafasan seperti kulit, insang, paru-paru ataupun lentisel dan bulu-bulu akar pada tumbuhan. Oksigen diperlukan untuk mengoksidasi makanan.. 

5 . Tumbuh dan Berkembang
Tumbuh dan berkembang adalah ciri-ciri makhluk hidup. Tumbuh adalah bertambahnya volume atau ukuran makhluk hidup sedangkan berkembang adalah proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh hormon, nutrisi dan lingkungan.

6 . Berkembangbiak (reproduksi)
Berkembangbiak adalah memperbanyak diri untuk mempertahankan kelestarian jenisnya. Makhluk hidup berkembangbiak melalui 2 cara yaitu:
a. Secara kawin/generatif, yaitu perkembangbiakan yang melibatkan sel telur dan sel sperma.
b.Secara tak kawin/vegetatif, yaitu perkembangbiakan yang tidak melibatkan sel telur dan sel sperma, melainkan melibatkan sel tubuh seperti stek, cangkok, daun, tunas, akar, dll

7 . A d a p t a s i
Makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Kemampuan menyesuaikan diri ini disebut adaptasi.  Adaptasi berfungsi agar makhluk hidup tetap bisa bertahan hidup dimanapun berada.
  • Adaptasi morfologi, yaitu penyesuaian diri terhadap alat-alat tubuhnya.
  • Adaptasi fisiologi, yaitu penyesuian diri terhadap lingkungan dengan fungsi alat-alat tubuh.
  • Adaptasi tingkah laku, yaitu penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan tingkah lakunya.
8 . Re g u l a s i
Regulasi adalah proses pengaturan keserasian di dalam tubuh organisme yang diatur oleh syaraf dan hormon.

9 . E k s k r e s i
Ekskresi adalah proses pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh. Dalam proses oksidasi makanan selain menghasilkan energi,  juga menghasilkan zat sisa. Zat sisa dapat berubah gas, cairan ataupun padatan. Apabila zat sisa tersebut tidak dikeluarkan akan membahayakan tubuh. 

Kesembilan point diatas merupakan ciri-ciri makhluk hidup yang dapat diamati secara langsung. Dengan melihat ke 9 ciri-ciri tersebut kita dapat dengan mudah membedakan apakah sesuatu itu makhluk hidup ataukah benda mati.

Comments
0 Comments

0 comments: