Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Istila-istilah Penting dalam Sintesis protein

Istilah-istilah penting dalam Sintesis Protein. Sintesis protein adalah suatu proses terpenting sepanjang kehidupan seluruh makhluk hidup. Hanya tubuh makhluk hidup yang hidup saja yang bisa melakukan sintesa protein. Sementara makhluk hidup yang sudah mati sel tubuhnya tidak bisa lagi melakukan kegiatan sintesis protein. Karena organel-organel tubuh mahluk hidup yang mati akan terdegradasi dengan perlahan atau bahkan cepat seiring dengan penguraian kembali molekul kompleks tubuhnya menjadi senyawa kimia sederhana yang akan dikembalikan ke alam.

Dalam Sintesa protein banyak sekali istilah-istilah penting yang digunakan. Istilah-istilah penting dalam sintesa protein tersebut antara lain:
  • DNA / ADN : Deoxyribon Nucleatic Acid / Asam deoksiribosa nukleat. DNA berbentuk double helix terdiri dari 2 pita nukleotida yang dihubungkan oleh atom H yang sangat lunak. Senyawa-senyawa penyusunnya antara lain senyawa gula pentosa, asam fosfat dan basa nitrogen.
  • RNA / ARN : Ribo Nucleatic Acid /Asam Ribosa Nukleat. RNA terdapat di dalam sel mahluk hidup bersama dengan DNA. Berbeda dengan DNA, RNA tidak memiliki basa timin tapi digantikan oleh basa urasil. Struktur molekul RNA dapat berupa pita tunggal atau pita double tapi tidak berpilin sebagai spiral seperti molekul DNA. RNA dapat dibedakan menjadi 2, yaitu : RNA genetik dan RNA non genetik.
  • Polipeptida : adalah hasil dari sintesis protein yang dilakukan oleh ribosom. Polipeptida tersebut terbentuk dari beberapa asam amino dan monomer-monomer protein lainnya.
  • Transkripsi : proses pembentukan RNAbaik mRNA, tRNA, maupun rRNA dengan menggunakan cetakan DNA.
  • Translasi : adalah proses penerjemahan kode genetik oleh tRNA ke dalam urutan asam amino. Translasi terbagi menjadi tiga tahap (sama seperti pada transkripsi) yaitu inisiasi, elongasi, dan terminasi.
  • tRNA / ARNt : merupakan salah satu tipe molekul RNA yang membawa asam amino satu per satu ke ribosom yang spesiifitasnya ditentukan oleh mRNA.
  • rRNA / ARNr : merupakan komponen struktural yang utama di dalam ribosom. rRNA merupakan sebagian total massa ribosom pada prokariot maupun eukariot. Setiap sub unit ribosom terdiri dari 30 – 46% molekul RNAr dan 70 – 80% protein.
  • Kode genetik :  merupakan cara pengkodean urutan nukleotida pada DNA atau RNA untuk menentukan urutan asam amino pada saat sintesis protein.
  • Kodon : deret nukleotida pada mRNAyang terdiri atas kombinasi tiga nukleotida berurutan yang menjandi suatu asam amino tertentu sehingga sering disebut sebagai kodon triplet.
  • Kodogen : pasangan tiga basa nitrogen (triplet) yang terdapat pada rantai sense ADN.
  • Antikodon : 3 pasang basa pada rantai tRNA yang menjadi "pasangan" dari kodon
loading...
Bagikan :
Back To Top