PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Cara Distilasi Alkohol | Proses Destilasi Alkohol

Cara distilasi Alkohol. Proses destilasi alkohol merupakan proses destilasi yang sangat sederhana. Destilasi atau penyulingan adalah suatu proses penguapan yang diikuti pengembunan.Distilasi dilakukan untuk memisahkan suatu cairan dari campuran nya berdasarkan titik uapnya. Destilasi alkohol adalah proses pemisahan Alkohol dari zat pencemarnya dalam hal ini biasanya adalah air yang dilakukan dengan cara penguapan lalu pengembunan kembali.

Prinsip dasar destilasi alkohol adalah pemisahan bahan berdasarkan titik didihnya. Seperti kita ketahui, titik didih alkohol lebih rendah daripada air. Dengan begitu saat dipanaskan pada suhu yang sesuai dengan titik didih alkohol, alkohol akan lebih dulu menguap. uap yang keluar kemudian ditampung dalam kondensor lalu di embunkan kembali hingga menjadi alkohol cair.

Cara distilasi Alkohol

 destilasi bertingkat Cara destilasi alkohol yang paling sederhana adalah menggunakan cara distilasi bertingkat. Caranya adalah:
  1. Letakan campuran Alkohol dalam labu didih. Lalu panaskan hingga mencapai titik didih alkohol yaitu 78*C .
  2. Pada suhu 78*C alkohol mulai mendidih dan menguap. Namun pada suhu hampir sama, air yang titik didihnya 100*C juga ada yang turut menguap meski kosentrasinya hanya sedikit.
  3. Karena alkohol lebih mudah menguap, maka kadar alkohol dalam uap lebih tinggi
  4. Ketika mencapai kolom fraksinasi, uap mengembun dan memanaskan kolom fraksinasi tersebut memisahkan uap air dan uap alkohol.
  5. Pada suhu 78*C, uap alkohol akan tetap menjadi uap dan naik ke kolom diatasnya, sedangkan uap air  berubah menjadi embun dan jatuh kembali ke labu didih.
  6. Uap alkohol yang naik ke dalam kolom diatasnya kemudian diembunkan hingga menjadi cair dan di tampung di dalam labu distilat.
  7. Proses detilasi alkohol ini akan terus berlangsung berulangkali hingga kadar alkohol dalam labu didih habis dan hanya menyisakan air.
Cara Destilasi alkohol seperti ini memang tidak bisa mendapatkan larutan alkohol murni 99% tetapi merupakan salah satu cara sederhana untuk membuat memisahkan alkohol dalam air.
Comments
0 Comments

0 comments: