PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Sistem Pencernaan Pada Manusia | Digestive System

Sistem pencernaan atau Digestive System pada manusia. Sistem pencernaan atau digestive system adalah serangkaian organ seperti tabung yang sistem pencernaan berfungsi untuk mengubah makanan  bahan bakar tubuh. Dalam sistem pencernaan manusia setidaknya ada 5 organ yang berperan penting dalam sistem pencernaan dan terentang sepanjang 30 kaki (9 meter) yang dimulai dari mulut dan berakhir dengan anus. Sepanjang jalan, makanan dipecah, disortir, dan diolah kembali sebelum diedarkan ke seluruh tubuh untuk memelihara dan mengganti sel-sel dan energi pada otot kita.  Sistem pencernaan didefinisikan sebagai suatu sistem yang bertujuan untuk memecah bahan makanan menjadi struktur yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh sel-sel tubuh. Secara umum terdapat 2 macam proses pencernaan, yaitu:

Macam-macam Proses Pencernaan

Berdasarkan prosesnya, pencernaan makanan dapat dibedakan menjadi dua macam seperti berikut.
1. Pencernaan mekanis yaitu proses pencernaan yang melibatkan beberapa gerakan otot seperti gerakan mnegunyah dan gerak peristalsis.  contoh proses pencernaan mekanis antara lain: mengunyah makanan oleh gigi dengan dibantu lidah serta peremasan yang terjadi di lambung.
2. Pencernaan kimiawi yaitu proses pemecahan bahan makanan dengan enzim-enzim pencernaan yang berasal dari kelenjar pencernaan. Yaitu pelarutan dan pemecahan makanan oleh enzim-enzim pencernaan dengan mengubah makanan yang bermolekul besar menjadi molekul yang berukuran kecil.

Organ-organ Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan makanan pada manusia terdiri dari beberapa organ pencernaan. Organ-organ pencernaan tersebut terdiri dari beberapa alat pencernaan. Organ-organ pencernaan tersebut secara berurutan adalah: 
 
1. Rongga Mulut
  • Gigi
  • Lidah
  • Kelenjar Ludah
2. Esofagus 
  • Faring
  • Kerongkongan
3. Lambung
4. Usus Halus
  • Usus duabelas jari
  • Usus Kosong
  • Usus penyerapan
5. Usus Besar
6. Rektum
7. Anus.
Secara sederhana, sistem pencernaan makanan terdiri dari 4 tahap. Empat tahap dalam sistem pencernaan tersebut antara lain:
  1. Penelanan (Ingesti)
  2. Pencernaan (digesti)
  3. Penyerapan (absorpsi)
  4. Pembuangan (eliminasi
Sistem pencernaan makanan atau digestive system pada manusia memiliki tiga siklus yang bekerja secara berkesinambungan dimana setiap siklus berdurasi sekitar 8 jam. Ketiga siklus dalam sistem pencernaan makanan tersebut adalah:
1. Siklus pertama, berlangsung antara pukul 12.00-20.00. Merupakan saat-saat organ-organ pencernaan bekerja aktif
2. Siklus kedua, berlangsung antara pukul 20.00-04.00. Merupakan siklus berlangsungnya penyerapan sari-sari makanan oleh tubuh
3. Siklus ketiga, berlangsung antara pukul 04.00-12.00, merupakan siklus pembuangan sisa-sisa metabolisme. Pada siklus ini, energi tubuh banyak digunakan.

Karena itu demi kelangsungan kerja sistem pencernaan, kita di sarankan untuk makan secara teratur dan bernutrisi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan badan dan menghindari munculnya penyakit-penyakit yang tidak diharapkan terutama penyakit sistem pencernaan.
Comments
0 Comments

0 comments: