Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Fungsi dan sifat Bunga

Fungsi dan sifat bunga. Bunga merupakan modifikasi suatu tunas (batang dan daun) yang bentuk, warna, dan susunannya disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan. Fungsi bunga yang paling utama adalah sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Proses dimulai dengan penyerbukan, yang diikuti dengan pembuahan, dan berlanjut dengan pembentukan biji.

Fungsi dan Sifat bunga

sifat bungaFungsi utama bunga adalah untuk membentuk biji agar tanaman dapat ditanam kembali sehingga keturunannya jadi bertambah banyak. Sehingga dengan kata lain, pada tumbuhan bunga berperan sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan. Peristiwa penyerbukan, yaitu jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik merupakan awal terjadinya perkembangbiakan pada tumbuhan.

Beberapa bunga memiliki warna yang cerah yang berfungsi memikat hewan. Selain warna, aroma yang dipancarkan bunga juga dapat memikat hewan untuk membantu penyerbukan yang pada akhirnya akan terjadi pembuahan lalu bakal buah berkembang menjadi buah.

Selain memikat hewan, bunga juga dapat memikat hati manusia. Manusia sejak lama terpikat oleh bunga, khususnya yang berwarna-warni. Bunga menjadi salah satu penentu nilai suatu tumbuhan sebagai tanaman hias. Dengan segala keindahanya itu, bunga memiliki beberapa sifat, diantaranya:

  • Mempunyai warna menarik.
  • Biasanya berbau harum.
  • Bentuknya bermacam-macam.
  • Biasanya mengandung madu

.
loading...
Bagikan :
Back To Top