PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Sains dan Saintis | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Sains dan saintis. Sains adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam yang meliputi makhluk hidup (Life Science) dan makhluk tak hidup (Physical Science). Life science meliputi biologi, zoologi dan botani. Sedangkan Physical science meliputi fisika, kimia, geologi dan astronomi. Sains adalah ilmu yang di pelajari. Sedangkan Saintis adalah ilmuwan atau seorang ahli ilmu.

Sains diperoleh dan dikembangkan oleh saintis melalui suatu metode yang disebut metode ilmiah. Metode ini di gunakan untuk melakukan serangkaian penelitian dalam mencari jawaban atas pertanyaan “apa, mengapa dan bagaimana” dari gejala-gejala alam yang meliputi life science dan physical science dan merealisasikannya dalam bentuk teknologi serta cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengetahuan dasar Sains

Pengetahuan dasar sains adalah ilmu fisika, kimia dan biologi. Semua sains berpatotakan pada ilmu fisika. Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak, gaya, energi, materi, panas, bunyi, cahaya, atom, dll. Konsep-konsep dalam ilmu fisika membangun konsep sains yang rumit. Lebih tumit daripada ilmu kimia. Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang atom, molekul, senyawa, zat, ikatan-ikatan antar molekul serta reaksi-reaksi yang tidak dapat dijelaskan secara fisik. Ilmu Kimia adalah dasar untuk mengerti tentang reaksi-reaksi kimia yang terjadi pada suatu organisme. Ilmu biologi adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang kompleks dan berkaitan dengan faktor-faktor yang mendukung kehidupan. Untuk memahami ilmu biologi diperlukan pengetahuan kimia, dan untuk menjelaskan ilmu kimia diperlukan pengetahuan fisika. Begitu seterusnya sehingga ketiga ilmu inilah yang merupakan dasar dari ilmu sains.

Sains dan saintis merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Jika sains adalah produk, maka saintis adalah mesin penghasil produk tersebut. Sains sebagai produk memang berbeda dengan sains sebagai proses (bagaimana saintis atau ilmuwan bekerja/memecahkan masalah sains. Pandangan yang lebih luas tentang sains, seperti dampak sains dan teknologi terhadap kehidupan masyarakat sangat diperlukan. Teknologi lahir karena adanya kebutuhan manusia. Sains berawal dari rasa ingin tahu manusia.  Adanya suatu perubahan teknologi akan dapat menyebabkan perubahan sosial, begitu pula sebaliknya. Hal ini berarti ada jaringan hubungan antara sains, teknologi dan sistem-sistem sosial yang saling pengaruh mempengaruhi.
Comments
0 Comments

0 comments: