PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Macam-macam Produk hasil Pengolahan Kelapa Sawit

Macam-macam produk hasil Pengolahan Kelapa Sawit. Kelapa Sawit sebagai tanaman Industri memiliki berbagai macam kegunaan baik untuk industri pangan maupun non pangan.  Kelapa sawit saat ini merupakan komoditas industri yang prosuk hasil olahannya memenuhi hampir sebagian besar pangsa pasar dunia. Baik sebagai bahan baku minyak makan, sabun, obat nyamuk, dll.

Produk utama hasil pengolahan kelapa sawit adalah minyak kelapa sawit. Bahkan bisa dibilang, kelapa sawit merupakan sumber bahan baku minyak makan yang mempunyai nilai ekonomis dan daya saing cukup tinggi dibandingkan sumber bahan baku minyak lainnya seperti kelapa, kedele, biji bunga matahari, minya tanah, dll. Karena selain  sebagai sumber minyak makan, kelapa sawit mempunyai produk sampingan / turunan yang juga mempunyai kegunaan yang tak kalah penting.  Berikut ini adalah macam-macam produk hasil pengolahan kelapa sawit yang ada di pasaran.

Macam-macam Produk pengolahan kelapa sawit

Secara umum hasil pengolahan kelapa sawit dibedakan kedalam 3 kategori, yang masing
1. CPO (Crude Palm Oil). CPO setelah melalui proses pemurnian akan menghasilkan minyak kelapa sawit dan berbagai produk sampingan yang antara lain: margarine, shortening, Vanaspati (Vegetable ghee), Ice creams, Bakery Fats,  Instans Noodle, Sabun dan Detergent, Cocoa Butter Extender, Chocolate dan Coatings, Specialty Fats, Dry Soap Mixes, Sugar Confectionary, Biskuit Cream Fats, Filled Milk, Lubrication, Textiles Oils dan Bio Diesel. Khusus untuk biodiesel, permintaan akan produk ini pada beberapa tahun mendatang akan semakin meningkat, terutama dengan diterapkannya kebijaksanaan di beberapa negara Eropa dan Jepang  untuk menggunakan renewable energy.

2. PKO (Palm Kernel Oil). PKO juga merupakan bahan baku minyak kelapa sawit yang disebut dengan istilah minyak Inti Sawit. Selain menghasilkan minyak inti sawit PKO juga mempunyai produk sampingan yang antara lain:  Shortening, Cocoa Butter Substitute, Specialty Fats, Ice Cream, Coffee Whitener/Cream, Sugar Confectionary, Biscuit Cream Fats, Filled Mild, Imitation Cream, Sabun dan Detergent, Shampoo dan Kosmetik.

3. Oleochemicals kelapa sawit. Dari produk  turunan  minyak kelapa sawit dalam bentuk oleochemical dapat dihasilkan  Methyl Esters, Plastic, Textile Processing, Metal Processing, Lubricants, Emulsifiers, Detergent, Glicerine, Cosmetic, Explosives, Pharmaceutical Products dan Food Protective Coatings.
Comments
0 Comments

0 comments: