Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Jenis-jenis makhluk hidup | Macam-macam Mahkluk Hidup

Jenis-jenis dan macam-macam makhluk hidup. Makhluk hidup yang ada di bumi ini terdiri dari berbagai jenis. Jenis-jenis makhluk hidup tersebut digolongkan berdasarkan beberapa ciri fisik, seperti jumlah sel, ada tidaknya tulang belakang, besar kecilnya ukuran, dan lain-lain. 

Secara umum jenis-jenis makhluk hidup yang ada di bumi diklasifikan kedalam 6 golongan, yaitu:

1. Uniseluler ialah makhluk hidup bersel satu dan tidak dapat dilihat secara langsung. Kita dapat melihatnya dengan mikroskop. Fungsi kehidupan dilakukan oleh bagian-bagian penyusun sel itu sendiri.
2. Multiseluler ialah makhluk hidup bersel banyak, dapat dilihat secara langsung tanpa bantuan mikroskop, dan tubuhnya sudah mengalami pembagian tugas yang baik.
3. Eukariotik ialah makhluk hidup yang memiliki membran inti sel sehingga inti sel tidak bercampur dengan sitoplasma (cairan sel).
4. Prokariotik ialah makhluk hidup yang belum memiliki membran inti sel sehingga bahan-bahan inti sel bercampur dengan sitoplasma.
5. Heterotrof ialah makhluk hidup yang mengambil bahan organik dari makhluk hidup lain dan tidak dapat membentuk bahan organik sendiri.
6. Autotrof ialah makhluk hidup yang dapat menyediakan bahan organik sendiri melalui proses fotosintesis. Makhluk hidup ini dicirikan dengan adanya klorofil atau kemampuan menguraikan bahan-bahan kimia sebagai energi dalam pembentukan bahan organik.
loading...
Bagikan :
Back To Top