PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Letak Astronomis dan Letak Geografis | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi letak astronomis dan letak geografis. Letak astronomis dan letak geografis adalah dua cara untuk menentukan letak suatu wilayah. Letak Astronomis adalah letak suatu tempat di lihat dari posisinya di garis lintang dan digaris bujur. Sedangkan Letak geografis adalah letak suatu tempat dilihat dari keadaan sebenarnya di permukaan bumi.

Contohnya letak negara Indonesia. Secara Astronomis negara Indonesia terletak diantara 6’LU – 11’ LS dan 95’BT – 141’BT. Wilayah Indonesia yang paling utara terletak pada 6’ LU adalah pulau We. Wilayah Indonesia yang paling selatan terletak pada 11’LS adlah pulau Rote. Wilayah Indonesia paling varat terletak pada 95’BT adalah pulau We juga, sedangkan wilayah Indonesia paling timur yang terletak pada 141’ BT adalah kota Merauke. Yang disebutkan diatas tadi adalah posisi negara Indonesia berdasarkan letak astronomisnya.

Secara geografis letak Indonesia adalah pada posisi silang yaitu terletak diantara dua Benua Asia dan Benua Australia dan 2 samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Batas-batas wilayah Indonesia berdasarkan letak geografisnya adalah:

A. Sebelah Utara : Selat Malaka, Laut Andaman, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, 
  Samudera Pasifik dan Malaysia Timur.
B. Sebelah Timur : Samudera Pasifik dan Papua Nugini
C. Sebelah Selatan : Australia, Samudera Hindia, Laut Timor dan Laut Arafura
D. Sebelah Barat : Samudera Hindia
 
Letak astronomis dan letak geografis suatu negara mempunyai akibat-akibat yang berpengaruh pada kondisi wilayah baik secara alami maupun sosial. Contohnya letak negara Indonesia. Akibat letak astronomis Indonesia yang berada pada 6’LU dan 11’LS Indonesia memiliki kondisi wilayah yang beriklim tropis dengan temperatur rata-rata 26’C hingga 28’C. Karena Indonesia juga terletak pada garis bujur 95’BT – 141’BT, mengakibatkan Indonesia mempunyai 3 wilayah waktu yaitu WIB(Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah) dan WIT (Waktu Indonesia Timur).
 
Karena letak geografis Indonesia yang berada pada posisi silang yaitu terletak antara 2 benua dan 2 samudera, akibatnya Indonesia memiliki posisi  yang strategis untuk perdagangan internasional dan memiliki mitra kerja sama yang saling menguntungkan. Coba bayangkan jika letak negara Indonesia baik secara geografis dan astronomis tidak seperti saat ini, mungkinkah hidup kita akan semakmur dan sedamai sekarang?
Comments
0 Comments

0 comments: