Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Fungsi Akar Tumbuhan

Fungsi Akar Tumbuhan. Akar tumbuhan adalah bagian yang pada umumnya terletak dibawah tanah yang tumbuh menuju inti bumi. Fungsi akar tumbuhan yang paling utama adalah sebagai alat untuk menyerap nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Namun selain itu akar juga memiliki beberapa fungsi yang lain. Berikut ini adalah beberapa fungsi akar:

Fungsi Akar Tumbuhan

Fungsi akar tumbuhan antara lain adalah sebagai b erikut:

1. Untuk menyanggah dan menyokong batang
Fungsi akar adalah sebagai penyanggah dan penyongkong batang tumbuhan agar dapat berdiri dengan kokoh dan tidak mudah roboh.Terutama pada tumbuhan berbatang besar seperti pohon mangga, kemiri, jati, dll. Akar yang kuat dapat menahan tumbuhan dari goyangan angin maupun erosi tanah.

2. Untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah
Kemampuan akar untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah merupakan fungsi akar yang paling utama. Bagian akar yang memiliki kemampuan untuk menyerap air dan nutrisi adalah rambut-rambut akar. Dari rambut akar, air dan nutrisi di angkut me daun oleh pembuluh kayu pada inti akar.  Sedangkan pembuluh tapis pada kayu berfungsi untuk mendistribusikan hasil fotosintesis daun ke seluruh bagian tanaman.

3. Tempat menyimpan cadangan Makanan
Pada tumbuhan tertentu, akar berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Seperti pada tanaman singkong, ubi, talas, kentang, dll. Pada tanaman jenis ini, akar akan mengalami pembengkakan dimana sebagian besar kandungan didalamnya adalah dari jenis karbohidrat.

4. Untuk membantu Proses pernafasan
Akar yang dapat membantu proses pernafasan disebut akar nafas. Tidak semua tumbuhan memiliki akar nafas, hanya beberapa jenis tumbuhan tertentu saja seperti beringin, bakau,dll. Akar nafas biasanya terletak di atas tanah seperti pada beringin ataupun di dalam air dengan ujung yang muncul ke permukaan seperti pada tumbuhan bakau.

5. Sebagai alat perkembangbiakan

Akar juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengembang biakan tanaman. Ada beberapa akar yang memiliki mata tunas. Seperti pada tanaman sukun. Untuk memperbayak tanaman sukun yang baik baik adalah dengan memotong akarnya yang telah bertunas, dan menanamnya kembali di tempat lain.

loading...
Bagikan :
Back To Top