Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Gutasi adalah | Arti kata dan Istilah

Pengertian gutasi. Arti kata dan istilah gutasi. Gutasi adalah salah satu istilah dalam bidang biologi. Gutasi adalah proses pengeluaran air dari jaringan tumbuhan. Sepintas gutasi hampir mirip dengan transpirasi hanya saja faktor penyebab, mekanisme, dan waktu terjadinya proses pengeluaran air yang berbeda.

Gutasi tidak terjadi sesering terjadinya transpirasi. Karena untuk dapat terjadi proses gutasi di perlukan kondisi tertentu. Gutasi dapat terjadi jika kondisi tanah memungkinkan akar untuk terus-menerus menyerap air yang dibutuhkan. Sehingga penyerapan air menjadi sangat tinggi.  Penyerapan air yang tinggi dapat menyebabkan kelebihan air pada sel-sel tumbuhan yang kemudian akan dibuang melalui proses transpirasi atau penguapan air.

Terkadang kondisi udara atau atmosfer terkadang dapat menyebabkan laju transpirasi menurun atau bahkan tidak mungkin terjadi. Pada kondisi seperti inilah kemudian proses gutasi akan terjadi. Mekanisme gutasi sangat sederhana. Kelebihan air akan di keluarkan melalui sel daun yang bernama hidatoda. Hidatoda memiliki strktur yang hampir sama dengan stomata atau mulut daun hanya saja letaknya di bagian tepi daun.   

Gutasi biasanya terjadi pada malam hari. Kecuali pada kondisi tertentu gutasi dapat terjadi pada malam hari. Gutasi tidak menghasilkan air murni seperti pada proses transpirasi, tetapi menghasilkan air yang mengandung senyawa-senyawa terlarut dan garam-garam mineral.

loading...
Bagikan :
Back To Top