Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Abiotik adalah | Definisi dan Arti kata


Pengertian dan Definisi Abiotik. Abiotik adalah istilah yang digunakan untuk menyebut benda mati atau makhluk tak hidup. Dalam ilmu biologi, makhluk hidup di bagi menjadi dua, yaitu makhluk hidup yang disebut dengan istilah biotik dan pengertian abiotik makhluk tak hidup atau benda mati yang di kenal dengan istilah abiotik. Benda abiotik lebih banyak macamnya dari biotik. Karena abiotik merupakan pendukung dari kehidupan biotik.

Pengertian Abiotik

Biologi sebagai ilmu hayat, bukan hanya mempelajari tentang biotik tetapi abiotik juga. Segala komponen yang menunjang kehidupan di pelajari dalam biologi. Termasuk komponen abiotik.


Komponen abiotik adalah komponen penyusun alam yang paling banyak dan mempunyai peranan penting dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. Komponen abiotik merupakan substrat atau medium yang menunjang kelangsungan hidup organisme. Beberapa contoh komponen abiotik yang sangat penting bagi kehidupan organisme antara lain adalah: tanah, udara, air, sinar matahari, unsur hara, iklim, topografi, dll. Tanpa komponen abiotik bisa di pastikan bahwa kelangsungan hidup organisme akan terganggu sehingga kehidupan akan menjadi musnah. Karena itu keberadaan komponen abiotik dan biotik selalu saling terkait dan membutuhkan.
loading...
Bagikan :
Back To Top