Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Alat Ekskresi pada Ikan | Sistem Ekskresi pada hewan Vertebrata

Alat ekskresi pada ikan. Sistem ekskresi pada hewan vertebrata selalu berhubungan dengan ginjal. Begitu pula sistem ekskresi pada ikan. Ikan memiliki ketersediaan air yang mencukupi dan dapat mengekskresikan limbah nitrogen tanpa Alat ekskresi pada ikan merusak jaringan tubuh. Alat ekskresi pada ikan berupa sepasang ginjal. Ginjal ini dilengkapi urethra, yang saluran keluarnya menyatu dengan saluran kelamin, sehingga disebut saluran urogenitalis.

Alat ekskresi ikan air laut dan ikan air tawar adalah sama yaitu ginjal. Hanya saja proses ekskresinya berbeda. Ikan air tawar bersifat hipertonik terhadap lingkungannya. Karena itu ikan air tawar sedikit minum air namun banyak mengeluarkan ini. Air yang masuk kedalam insang secara osmosis akan meninggalkan amonia dalam jumlah besar yang kemudian di ekskresi dalam benyuk urine hipotonik dalam jumlah besar. Ini di maksudkan untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh dengan tekanan air dari lingkungannya.

Sedangkan ikan air laut banyak minum dengan sedikit mengeluarkan urine. Karena air laut dapat mengalami kehilangan air melalui insang. Hal ini terjadi karena kosentrasi garam di dalam tubuh ikan lebih rendah dari lingkungannya. Untuk menjaga keseimbangan kadar garam antara tubuh dan lingkungan, ikan air laut harus banyak minum. Garam yang di serap oleh usus di bawah darah ke insang untuk di ekskresikan oleh membran insang.

loading...
Bagikan :
Back To Top