Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Cara Mengukur Objek di bawah Mikroskop

Mengukur Objek di Bawah Mikroskop. Dalam suatu praktikum biologi, seringkali siswa di minta untuk mengukur objek yang diamati di bawah mikroskop. Mengukur objek di bawah mikroskop tidak mudah dan butuh teknik dan cara khusus. Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana caranya mengukur objek di bawah mikroskop. Pertama-tama harus di sediakan alat dan bahannya terlebih dahulu, yaitu:

Alat dan Bahan yang di perlukan untuk mengukur objek di bawah mikroskop 
1. Mikroskop </SPAN<
2. Penggaris plastik transparan
3. Sediaan/preparat awetan

Langkah-langkah cara mengukur objek di bawah mikroskop

  1. Letakkan skala milimeter dari penggaris plastik yang transparan  di bawah mikroskop, di luar bidang pandang tepat di sisi kaca objek.
  2. Gunakan objektif berkekuatan rendah untuk menetapkan lokasi garis milimeter dari penggaris, tentukan fokus dengan tepat agar objek terlihat jelas.
  3. Letakkan preparat awetan, misalnya stentor di bawah mikroskop dengan kekuatan rendah.
  4. Sambil mengamati objek, geser-geser penggaris agar diameter objek dapat diketahui.
  5. Hitung panjang stentor dengan melihat bidang pandang dari ujung ke ujung, berdasarkan jumlah garis milimeter, seperti terlihat dalam gambar.

Berdasarkan jumlah dan jarak antar garis milimeter, kita bisa mengira berapa ukuran dari objek yang kita amati di bawah mikroskop. Cara manual ini, kini sudah sangat jarang di gunakan. Karena mikroskop elektron yang sudah sangat canggih di lengkapi dengan alat ukur otmatis. Sehingga tidak lagi memerlukan pengaris. Dan hasil pengukurannyapun lebih akurat.

loading...
Bagikan :
Back To Top