Buku Materi Sekolah

Loading...

Fungsi Nutrisi atau Zat Gizi

Loading...

Fungsi Nutrisi atau Zat Gizi. Nutrisi adalah zat yang terkandung dalam makanan yang sangat di butuhkan tubuh untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya. Nutrisi merupakan sumber kehidupan, tanpa asupan nutrisi yang betul, tubuh tidak akan dapat tumbuh dan berkembang. Nutrisi juga berpengaruh terhadap tingkat kesehatan dan kecerdasan, terutama di usia dini. Asupan nutrisi yang baik telah tercantum dalam program 4 sehat lima sempurna yang di sarnkan oleh kamuslife.com pemerintah. Pola makan yang baik akan menjamin kualitas hidup yang baik. Nutrisi atau zat gizi mempunyai beberapa fungsi, diantaranya:

Fungsi Nutrisi atau Zat Gizi

1. Sebagai Sumber Energi.
Energi merupakan bahan bakar yang di butuhkan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Nutrisi yang merupakan sumber energi adalah nutrisi yang masuk dalam golongan makronutrisi. Yaitu zat yang dibutuhkan tubuh dalam kadar yang cukup banyak. Nurisi yang merupakan sumber energi adalah karbohidrat, lemak serta protein. Nutrisi sumber energi pada umumnya terdapat pada makanan pokok seperti nasi dan jagung (sumber karbohidrat), margarin dan mentega (sumber lemak) atau makanan hewani seperti daging, telur, ikan (sumber protein).

2. Sebagai Pembentuk sel-sel Jaringan Tubuh.
Nutrisi yang berperan sebagai pembentuk sel dan jaringan protein, vitamin dan mineral. Selin berperan dalam pertumbuhan sel, nutrisi juga berfungsi untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak, dan mempertahankan fungsi organ tubuh. 

3. Sebagai Zat Pengatur Metabolisme
Nutrisi yang mengatur dan mendukung proses metabolisme adalah vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral tergolong dalam mikrobutrisi, yaitu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam kadar yang sedikit tapi sangat penting. Kekurangan mineral dan vitamin akan menganggu proses metabolisme tubuh. 

Setiap nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh mempunyai fungsi dan peranan yang khusus yang saling melengkapi. Ada nutrisi yang keberadaannya dapat menjadi penganti bagi yang lainnya, tetapi ada pula yang tidak. Tapi tidak boleh terus menerus di gantikan, karena akan membawa dampak yangburuk juga bagi kesehatan dan keseimbangan tubuh.

Loading...
Bagikan :
Loading...
Loading...
Back To Top