Buku Materi Sekolah

Loading...

Macam-macam Sistem Pemerintahan

Loading...

Macam-macam Sistem Pemerintahan. Sistem pemerintahan adalah suatu sistem yang di anut oleh suatu negara dalam menjalankan roda pemerintahan. Pada dasarnya, sistem pemerintahan digolongkan ke dalam 4 jenis. Namun banyak sekali negara-negara yang mengambungkan sistem pemerintahan tersebut menjadi satu sistem pemerintahan yang khusus di anut oleh negaranya. Ke 4 sistem pemerintahan tersebut adalah:

Jenis-jenis Sistem Pemerintahan

1. Sistem Pemerintahan Parlementer adalah sistem pemerintahan dimana parlemen atau badan legislatif memiliki peran penting dalam pemerintahan. Bila parlemen dibubarkan maka tanggung jawab pelaksanaan pemilu terletak pada kabinet dalam tempo 30 hari.  Bila partai politik yang menguasai parlemen menang dalam pemilu maka kabinet akan terus memerintah.  Tetapi apabila yang menang dalam pemilu tersebut adala partai oposisi maka kabinet mengembalikan madatnya kepada kepala negara dan partai pemenang pemilu akan membentuk kabinet baru.

2. Sistem pemerintahan Presidensial, adalahsistem pemerintahan di mana presiden berfungsi sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara. Presiden juga menjadi pengelola dan penjaga keseluruhan hubungan kerja antar lembaga negara melalui pemisahan kekuasan negara. Presiden adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam mengelola kekuasaan dan  menjalankan pemerintahan negara.

3. Sistem pemerintahan Komunis (Uni Soviet)

Pemerintahan komunis adalah pemerintahan yang menganut sistem 1 partai. Contohnya adalah RRC, Kuba, Korut, dll. Uni soviet juga pernah menjadi negara yang menganut sistem pemerintahan komunis. Lembaga legislatif di Uni Soviet dijalankan oleh lembaga yang bernama Soviet Tertinggi URRS (STU) yang terdiri dari 2 majelis yaitu majelis Uni dan majelis bangsa-bangsa.  Majelis uni mencerminkan kepentingan bersama seluruh penduduk URSS ( mirip DPR) sedangkan majelis bangsa-bangsa mencerminkan  bangsa-bangsa dan suku bangsa yang terdapat di wilayah URSS ( semacam Senat).  Soviet tertinggi (STU) memilih presidium soviet tertinggi (semacam badan pekerja MPR) yang merupakan lembaga yang amat berkuasa di Uni Soviet. Kekuasaan Eksekutif dijalankan oleh dewan menteri yang bertanggung jawab dan tunduk kepada Siviet Teretinggi URSS.  Kekuasan nyata pemerintahan di Uni Soviet berada di tangan pemimpin partai komunis.

4. Sistem Pemerintahan Referendum

Sistem pemerintahan di mana negara di kelola dan di jalankan dengan pengawasan rakyat. Contoh penganut sistem pemerintahan referendum adalah Swiss. Di negara Swiss pembuatan UU berada dibawah pengawasan rakyat yang memiliki hak pilih.  Pengawasan itu dilakukan dalam bentuk referendum.  Referendum itu ada 3 jenis :

  • Referendum Obligatoir adalah referendum yang harus lebih dulu mendapat persetujuan langsung dari rakyat sebelum suatu UUD tertentu diberlakukan.
  • Referendun Fakultatif adalah referendum yang dilaksanakan apabila dalam waktu tertentu setelah UU dilaksanakan, sejumlah orang tertentu menginginkan dilaksanakannya referendum.  Apabila hasil referendum menghendaki dilaksanakannya UU maka akan terus berlaku, tapi sebaliknya.
  • Referendum Konsultatif adalah referendum yang menyangkut soal-soal teknis.  Biasanya rakyat kurang paham  tentang materi UU yang diminta persetujuannya.
Loading...
Bagikan :
Loading...
Loading...
Back To Top