Buku Materi Sekolah

Loading...

Jenis-jenis Penelitian

Loading...

Jenis-jenis Penelitian. Penelitian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam upaya untuk menyelesaikan suatu masalah dalam upaya menemukan solusi yang tepat. Setiap orang di sengaja atau tidak sengaja pasti pernah melakukan penelitian. Baik penelitian yang di lakukan secara sistematis ataupun yang terjadi di luar sadar. Penelitian merupakan dasar dari suatu kegiatan yang menggunakan metode Ilmiah. Bahkan salah satu syarat dari kerja ilmiah adalah menetapkan Jenis Penelitian. 

kamuslife.com Setelah jenis penelitian di tetapkan, lalu merumuskan tujuan penelitian. Hal yang harus dilakukan berikutnya adalah memilih jenis penelitian yang akan digunakan. Jenis penelitian yang digunakan harus sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan.Terdapat banyak jenis penelitian yang dapat digunakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Diantaranya adalah:

Jenis-jenis Penelitian

1. Penelitian Deskriptif
Penelitian deskriptif bertujuan memberikan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang diselidiki. Dengan penelitian ini, dapat diperoleh informasi atau data yang mendetail. Misalnya, penelitian untuk mengetahui populasi badak di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

2. Penelitian Eksperimental
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perlakuan tertentu kepada suatu objek penelitian dan membandingkan hasilnya dengan kelompok kontrol. Kelompok kontrol dijadikan sebagai pembanding. Dalam bidang Biologi, banyak dilakukan penelitian jenis ini. Misalnya, penelitian untuk melihat pengaruh pemberian pupuk atau hormon tertentu pada pertumbuhan jenis tanaman tertentu

Loading...
Bagikan :
Loading...
Loading...
Back To Top