PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Jenis-jenis Tanaman Rimpang | Macam-macam Tumbuhan Rhizoma

Jenis dan Macam Tanaman Rimpang Rhizoma. Tumbuhan Rimpang atau Rizoma ( Latin) adalah tumbuhan yang memiliki umbi yang beruas-ruas dan terkubur di dalam tanah. Rimpang adalah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah yang dapat dijadikan sebagai tempat menyimpan cadangan makanandan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Tanaman rimpang banyak sekali jenisnya, berikut ini macam-macam tumbuhan rimpang ayang ada di Indonesia.

Jenis-jenis Tanaman Rimpang | Macam-macam tumbuhan Rimpang

Contoh tanaman Rimpang antara lain adalah:

1. Jahe (Zingiber officinale)
2. Kunyit (Curcuma domestica Val)
3. Kencur (Kaempferia galanga L)
4. Lempuyang (Zingiber zerumbert)
5. Lengkuas (Languas galanga stuntz)
6. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza roxb)
7. Tamuireng (Curcuma aeroginosa Roxb)
8. Temugiring (Curcuma heyneana Val)
9. Temumangga (Curcuma Mangga Val)
10. Temukunci (Boesenbergia pandurata Roxb)

Manfaat dan Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Temu Kunci. Temu Kunci adalah sejenis rempah-rempah yang rimpangnya dipakai sebagai bumbu masakan dan bahan obat-obatan tradisional atau jamu. Temu kunci merupakan tanaman rimpang yang bentuknya sangat berbeda dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah dan polos tanpa ruas. Temu kunci biasanya di gunakan sebagai bahan tambahan saat membuat sayur bening atau perkedel jagung sehingga mempunyai aroma yang segar. Selain untuk menambah aroma masakan, temu kunci juga mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Berikut ini adalah Manfaat dan Khasiat Temu Kunci untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat temu kunci bagi kesehatan antara lain adalah:

1. Mengobati mausk angin, sakit perut dan perut kembung. Caranya: ambil rimpang kunci dan daunnya, tumbuk halus lalu tempelkan pada perut yang sakit sebagai obat kompress.

2. Mengobati penyakit kulit. Caranya: ambil rimpang dan daun temu kunci dengan sedikit pulosari, tumbuk halus lalu oleskan pada bagian kulit yang sakit sebagai obat kompress.

3. Mengobati muntah-muntah.  Caranya: tumbuk 1 jari temu kunci, 1 sdt ketumbar, 1/4 genggam daun urat, 1 buah kapulaga, dan 1 jari kayu manis, lalu rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan biarkan hingga airnya tinggal separuh. Kemudian angkat dan tiriskan.  Minum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

4. Menghilangkan bau badan dan menjaga organ kewanitaan. Caranya: rebus temu kunci dengan daun sirih, lalu minum airnya.

Gummy Bag, Trendy dan Stylish

Gummy Bag, Trendi dan Keren. Laku.com membuka promosi produk 2013 dengan jual tas model terbaru 2013 yang terkenal   trendy dan stylish, yaitu Gummy Bag. Gumy bag di laku.com dapat di beli secara grosir ataupun eceran dengan harga yang sangat murah dari harga awalnya yang Rp 447.200,- menjadi hanya Rp 239.00,-. Dengan harga yang relatif murah dan kualitas yang baik, Gummy bag dapat menjadi salah satu bag favorit 2013.

Gummy bag nerupakan sebuah tas trendy dan stylish dari jepang yang kini memasuki pasaran Indonesia melalui Laku.com sebagai situs penjualan Online terkemuka di Indonesia. Gummy bag terbuat dari bahan organik silikon berkualitas tinggi yang biasanya digunakan oleh tas-tas bermerk terkenal. Keistimewaan Gummy bag ini adalah  tas ini tahan air, anti noda dan sangat mudah dibersihkan. Designnya yang stylish dan trendy membuat tas ini  dapat dibawa kemana-mana dalam situasi apapun, baik acara formal maupun untuk hang-out.

Gummy bag yang ditawarkan di laku.com dapat dimiliki dengan berbagai pilihan warna, ada Aqua Blue, Sunflower Yellow, Black Sesame, Purple Hippo, Redberry, dan Turquoise Green dengan dimensi yang tidak terlalu bgummy bagesar ataupun terlalu kecil untuk ukuran tas tangan. Dimensi tas Gummy Ba sangat proporsional, yaitu dengan ukuran panjang 22.2cm, lebar 6cm, tinggi 16.7cm, panjang tali 104cm dan berat 460gr. Berat kosong yang kurang dari setengah kilo gram ini termasuk cukup  ringan dan tidak terlalu memberi beban untuk dibawa ke acara-acara formal ataupun non formal.

Jual tas jelly dapat menjadi salah satu cara untuk menambah pendapatan anda. Karena saat ini, tas-tas jelly seperti Gummy bag ini sedang ngetrend dan di minati di seluruh dunia. Selain karena bentuknya yang ubik, menarik dengan berbagai ragam warna pilihan yang memikat, Gummy Bag juga memberi kesederhaan yang memukau. Coba lihat model bag dan berbagai warna yang ditawarkan di samping ini, trendy dan elegan bukan? So, tunggu apa lagi? Pesan sekarang juga  Gummy bag untuk dipakai sendiri atau untuk orang terdekat anda di Laku.com Situs Online favorit Indonesia.

Pola Angin dan Jenis-jenis Angin di Indonesia

Pola Angin dan Jenis-jenis Angin. Angin adalah udara yang bergerak. Pola angin dapat terdeksi dan pasti, yaitu angin selalu bergerak dari tempat yang bertekanan udara tinggi ke tempat yang bertekanan udara rendah. Atau dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat yang bersuhu rendah. Ada berbagai jenis angin yang dikenal manusia. Pola dan jenis angin yang ada di Indonesia yaitu:

Pola dan Jenis Angin di Indonesia

Berikut ini adalah pola dan jenis-jenis angin yang ada di Indonesia. Pola dan Jenis angin tersebut antara lain adalah:

POLA ANGIN

1. Peredaran angin musim / muson yaitu angin yang berganti yang setiap 6 bulan sekali
2. Peredaran angin lokal
3. Pola angin jatuh
4. Pola angin pancaroba
5. Pola angin zenith/khatulistiwa

JENIS-JENIS ANGIN

1. Angin tetap adalah angin yang bergerak sepanjang tahun dan tidak berganti arah. Contoh angin tetap: angin barat, angin timur, angin pasat, dll

2. Angin periodik adalah angin yang bergerak secara tidak tetap sepanjang tahun. Contoh angin periodik: angin muson, angin darat, angin laut, dll.

3. Angin setempat / lokal adalah angin yang bergerak pada daerah tertentu. Contohnya: angin siklon, angin antisiklon dan angin fohn

Cara memperbesar dan memperkecil Peta

Cara memperbesar dan memperkecil peta. Memperbesar atau memperkecil peta bukanlah pekerjaan yang susah. Di zaman modern begini dimana ada banyak alat mesin fotocopi dan scaner, kita tinggal mengopi peta sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Masalahnya jika peta terlalu besar, maka akan susak di masukan ke mesin fotocopi atau scaner, untuk itu harus di lakukan secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memperbesar dan memperkecil peta secara manual.

Cara memperbesar dan memperkecil peta

1. Tentukan terlebih dahulu peta dasar yang akan di perbesar atau di perkecil
2. Buatlah dam atau petak-petak dasar pada peta dasar tersebut dengan ukuran tertentu, misalnya 1 cm x 1 cm,
3. Beri nomor pada garis tepi petak-petak tersebut dari kiri kekanan dan dari atas ke bawah,
4. Buat dam atau petak-petak pada kertas yang akan di gambari salinan peta dengan ukuran sesuai keinginan anda tetapi harus tetap mengacu pada skala yang seimbang. Jika petak-petak pada peta dasar berukuran X, maka untuk memperbesar peta, maka petak-petaknya harus lebih besar dari peta dasar misal 2X, 3X, 4X, dll. Sedangkan untuk memperkecil peta maka petak-petaknya harus lebih kecil dari petak peta dasar misalnya 1/2X, 1/4X, dll.
5. Beri nomor pada garis tepi petak-petak tersebut dari kiri-kekanan atau atas ke bawah
6. Mulailah menggambar pada kertas karton berdasarkan peta dasar sesuai dengan petak-petak yang ada. Perhatikan dan gambarkan secara teliti jalur-jalur atau garis-garisnya sesuai dengan nomor urut petaknya.

Raja Sunda, Gurame Terbang Istimewa


Raja Sunda, rajanya masakan sunda. Raja Sunda adalah nama sebuah restoran di Bandung yang menyajikan masakan khas tanah pasundan. Jika anda ingin wisata kuliner Bandung, maka restoran Raja Sunda adalah pilihan utama. Restoran Raja logo raja sunda Sunda menjual aneka masakan khas sunda, seperti nasi timbel komplit, ikan bakar, ikan goreng, sayur asem, aneka macam pepes, tumis kangkung, lengkap dengan lalapan dan masih banyak lagi. Semuanya dengan harga yang murah dan terjangkau.


Bagi siapa pun yang sangat menyukai perjalanan wisata kuliner, terutama wisata kuliner Bandung pasti akan terpuaskan jika mengunjungi Rajas Sunda resto. Selain tempatnya yang asri dengan pemandangan yang mempesona, anda juga di beri pilihan untuk menentukan sendiri dimana akan menyantap hidangan lezat anda. Bisa di meja makan yang tertata rapi, atau secara lesehan bersama keluarga dan teman. Semua anda yangmenentukan. Pokoknya di jamin senang dam memuaskan. 

Resto Raja Sunda sebagai rajanya masakan sunda menawarkan berbagai jenis kelezatan khas sunda yang tersimpan di berbagai menu masakannya. Menu yang disajikan di resto Raja Sunda sangat beragam. Dari menu masakan ayam, bebek, ikan, udang, dan sebagainya hingga minuman segar yang dapat memanjakan kerongkongan anda. Menu favorit resto Raja Sunda adalah bebek goreng crispy tapi Gurame Terbang nya itu lho... yang sangat menarik minat saya... artistik banget.

Resto Raja Sunda terletak diJl. Pasteur no 119 Bandung Utara/Sukajadi. Dengan area parkin yang cukup luas. Letak Raja Sunda cukup strategis hanya sekitar 10 menit dari pusat kota.  Dan di sekitar restoran ada banyak penjual makanan lain yang dapat melengkapi perjalanan wisata kuliner anda di bandung. Resto Raja Sunda buka setiap hari Senin – Minggu dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Hari-hari biasa, mungkin area parkir cukup banyak tersedia, tapi pada hari minggu pengunjung akan sangat banyak sehingga anda sebaiknya membuat reservasi dulu. Untuk reservasi, anda bisa datang sendiri atau menghubungi no telp disamping ini:  022 6123684

Macam-macam Akar | Jenis-jenis Akar

Macam-macam Akar Tubuhan. Akar adalah bagian tumbuhan yang fungsi utamanya adalah untuk menyerap air dan garam-garam mineral. Akar tediri dari beberapa jenis. Jenis-jenis akar antara lain adalah:

Macam-macam Akar | Jenis-jenis Akar

Macam-macam akar secara umum ada 2 jenis, yaitu:

1. Akar serabut

Akar serabut adalah akar yang bentuknya seperti serabut, banyak ditemukan pada tanaman monokotil seperti jagung, tebu, rampai, dll. Akar serabut merupakan akar yang tumbuh dari pangkal batang akar primer atau akar lembaga yang mati. Akar serabut disebut juga akar tambahan atau akar adventif. Pada tumbuhan dikotil terkadang juga memiliki akar serabut, yaitu pada tumbuhan dikotil yang di cangkok.

2. Akar tunggang

Akar tunggang adalah akar yang primer pada tumbuhan dikotil yang muncul dari biji dan tumbuh menghujam kedalam bumi. Pada akar tunggang biasanya muncul cabang-cabang akar yang lebih kecil. Pada jenis tanaman tertentu, akar tunggang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, seperti pada ubi, wortel, kentang, dll.

Selain macam-macam akar yeng tersebut diatas, ada juga jenis-jenis akar yang merupakan modifikasi dari akar itu sendiri. Jenis-jenis akar modifikasi antara lain adalah:

  • Akar gantung
  • Akar apung
  • Akar batang
  • Akar batu
  • Akar belit
  • Akar cabang
  • Akar banir
  • Akar penghisap
  • Akar Nafas, dll

Fungsi Akar Tumbuhan

Fungsi Akar Tumbuhan. Akar tumbuhan adalah bagian yang pada umumnya terletak dibawah tanah yang tumbuh menuju inti bumi. Fungsi akar tumbuhan yang paling utama adalah sebagai alat untuk menyerap nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Namun selain itu akar juga memiliki beberapa fungsi yang lain. Berikut ini adalah beberapa fungsi akar:

Fungsi Akar Tumbuhan

Fungsi akar tumbuhan antara lain adalah sebagai b erikut:

1. Untuk menyanggah dan menyokong batang
Fungsi akar adalah sebagai penyanggah dan penyongkong batang tumbuhan agar dapat berdiri dengan kokoh dan tidak mudah roboh.Terutama pada tumbuhan berbatang besar seperti pohon mangga, kemiri, jati, dll. Akar yang kuat dapat menahan tumbuhan dari goyangan angin maupun erosi tanah.

2. Untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah
Kemampuan akar untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah merupakan fungsi akar yang paling utama. Bagian akar yang memiliki kemampuan untuk menyerap air dan nutrisi adalah rambut-rambut akar. Dari rambut akar, air dan nutrisi di angkut me daun oleh pembuluh kayu pada inti akar.  Sedangkan pembuluh tapis pada kayu berfungsi untuk mendistribusikan hasil fotosintesis daun ke seluruh bagian tanaman.

3. Tempat menyimpan cadangan Makanan
Pada tumbuhan tertentu, akar berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Seperti pada tanaman singkong, ubi, talas, kentang, dll. Pada tanaman jenis ini, akar akan mengalami pembengkakan dimana sebagian besar kandungan didalamnya adalah dari jenis karbohidrat.

4. Untuk membantu Proses pernafasan
Akar yang dapat membantu proses pernafasan disebut akar nafas. Tidak semua tumbuhan memiliki akar nafas, hanya beberapa jenis tumbuhan tertentu saja seperti beringin, bakau,dll. Akar nafas biasanya terletak di atas tanah seperti pada beringin ataupun di dalam air dengan ujung yang muncul ke permukaan seperti pada tumbuhan bakau.

5. Sebagai alat perkembangbiakan

Akar juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengembang biakan tanaman. Ada beberapa akar yang memiliki mata tunas. Seperti pada tanaman sukun. Untuk memperbayak tanaman sukun yang baik baik adalah dengan memotong akarnya yang telah bertunas, dan menanamnya kembali di tempat lain.

Bagian-bagian Akar Tumbuhan | Fungsi Bagian-bagian akar

Bagian-bagian akar. Umumnya, akar adalah bagian tumbuhan yang ada dibawah tanah. Tapi ada juga akar yang tumbuh diatas permukaan tanah, untuk mengetahui jenis-jenis akar silah baca di SINI. Berdasarkan bentuknya, bentuk akar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu akar serabut dan akar tunggang. Meski berbeda bentuk, kedua jenis akar ini tersusun oleh bagian-bagian akar yang sama. Bagian-bagian akar tersebut adalah:

Bagian-bagian Akar dan Fungsinya

Akar tumbuhan, baik akar serabut maupun akar tunggang tersusun atas bagian-bagian akar yang sama.  Fungsi bagian-bagian akar adalah sebagai berikut, yaitu:

1. Inti akar
Inti akar adalah adalah bagian akar yang terletak di tengah penampang akar. Inti akar terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Fungsi inti akar tergantung pada jenis pembuluhnya. Pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke daun, sedangkan fungsi pembuluh tapis adalah mengangkut hasil fotosintesis ke sluruh tubuh tumbuhan.

2. Rambut akar
Rambut akar berbentuk serabut halus yang menempel dikulit luar akar. Fungsi rambut akar adalah menyerap air dari dalam tanah. Rambut akar inilah yang menyusup dan menembus kedalam tanah untuk mencari nutrisi yang dibutuhkan tubuh tumbuhan.

3. Tudung akar
Tudung akar adalah bagian akar yang terletak dibagian ujung akar. Fungsi tudung akar adalah untuk melindungi akar pada saat menembus tanah. Pada tudung akar terdapat bagian yang disebut kaliptra. Kaliptra tersusun oleh sel-sel parenkim hidup yang kadang mengandung pati. Pada kebanyakan tumbuhan, kaliptra membentuk struktur khusus yang disebut kolumela.  Fungsi kaliptra yaitu untuk melindungi meristem dan melumasi akar sehingga mengurangi gesekan antara ujung akar dan butir-butir tanah pada saat akar menembus tanah. Selain itu, zat-zat yang dihasilkan dapat mengatur pola pertumbuhan bagian-bagian akar yang lain.

Tanda-tanda Hamil | Tanda awal kehamilan

Tanda-tanda awal kehamilan. Hamil adalah proses pertumbuhan janin (calon bayi) di dalam rahim seorang wanita. Hampir semua wanita yang sehat, yang tidak memiliki masalah dengan rahimnya dapat hamil jika telah pernah melakukan hubungan sexual dengan lawan jenis. Jika anda pernah berhubungan sexual dan kemudian melihat tanda-tanda di bawah ini terjadi pada tubuh anda, berarti anda hamil. Berikut ini adalah tanda-tanda hamil dan awal kehamilan yang umum

Tanda-tanda hamil | Tanda Awal Kehamilan

Tanda-tanda awal kehamilan pada seorang calon ibu antara lain adalah:

1. Pembengkakan payudara
Pembengkakan paudara dapat menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Di mana payudara tiba-tiba membesar dan sakit jika disentuh dan warna areola menjadi lebih gelap dari biasanya

2. Mual-mual
Perut terasa mual dan ingin muntah setiap kali anda bangun pagi atau saat mencium bau-bauan yang tidak anda sukai.

3. sering lelah dan sakit kepala
Anda merasa sering lelah dan sakit kepala. Terutama saat membaca buku, atau duduk berlama-lama

4. Sering buang air kecil
Rutinitas anda buang air kecil meningkat. Sehingga terkadang membuat tidur malam anda terganggu karena rasa ingin buang air yang tidak bisa ditahan.

5. Sakit Punggung / Pinggang
Jika tiba-tiba saja anda mendapat masalah dengan sakit punggung dimana punggung bagian bawah terasa nyeri dan ngilu, maka ini juga merupakan tanda-tanda hamil. Jika Anda benar-benar hamil, sakit punggung ini akan menetap hingga melahirkan kelak.

7. Perut kram
Kram perut yang anda alami tidak berbeda jauh seperti saat anda mengalami prementruasi atau menjelang haid. Hanya saja hal seperti ini akan sering anda alami jika anda benar-benar hamil.

8. Ngidam atau menolak makanan tertentu
Ngidam adalah perasaan sangat ingin makan sesuatu. Memang perasaan ini terkadang muncul pada orang yang tidak hamil, pada wanita hamil perasaan ini lebih terlihat karena tidak dapat di kontrol. Tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba Anda sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan favorit Anda. Atau sebaliknya.

9. Sembelit dan Kembung
Perut tiba-tiba terasa seperti penuh berisi, padahal belum makan dan tidak sedang masuk angin serta susah buang air besar.

10. Emosi tidak stabil dan mudah berubah-ubah
Emosi berhubungan sekali dengan mood dan sangat dipengaruhi oleh perasaan. Terkadang terlihat senang dan bahagia, lalu beberapa saat kemudian menjadi marah-marah, sedih dan berduka. Mood yangberubah-ubah ini sering terjadi pada wanita hamil sehingga dapat menjadi salah satu tanda-tanda kehamilan.

11. Suhu tubuh yang meningkat
Mudah gerah dan berkeringat adalah salah satu akibat dari peningkatan suhu tubuh wanita yang mengandung.

12. Vlek darah di celana
Terkadang muncul vlek-vlek darah di celana dalam anda yang bukan merupakan darah haid. Tidak banyak hanya setitik dua titik saja.

13. Positif saat dilakukan test kehamilan dan test USG
Ini adalah tanda pasti bahwa anda memang sedang hamil. Yaitu mendapatkan hasil positif saat dilakukan teset urine, dan saat dilakukan test USG ada janin yang terdeteksi.

Cara menyimpan ASI yang baik

Cara menyimpan ASI yang baik. ASI merupakan makanan utama bayi yang baru dilahirkan. Seringkali kebutuhan bayi yang satu ini tidak terpenuhi karena sang ibu harus bekerja diluar rumah. Bagi ibu yang air susunya tidak lancar, tidak ada masalah. Tapi bagi ibu yang ASI nya sangat banyak, akan sangat mubazir jika tidak di susukan pada bayi. Karena itu ada saran dari para ahli medis, agar sebelum bekerja, sang ibu memompa keluar ASI nya agar bisa dberikan pada si bayi. Namun agar ASI tetap dalam kondisi yang baik, si ibu harus tahu cara menyimpan ASI yang baik. Berikut ini adalah cara menyimpan ASI yang baik.

Cara Menyimpan ASI yang baik

Cara menyimpan ASI yang baik. Setelah diperas dari payudara ibu, ASI dapat disimpan dengan berbagai cara, yaitu:

1. Menyimpan ASI pada suhu ruang
Asi yang disimpan pada suhu ruang hanya bisa bertahan dalam beberapa jam saja. Maksimal 10 jam.

2. Menyimpan ASI di dalam kulkas
Asi yang menyimpan didalam kulkas dapat membuat ASI tetap baik dan layak konsumsi  hingga 5 sampai 7 hari. Dengan catatan kulkas tidak pernah mati.

3. Menyimpan ASI di dalam Freezer
Asi yang disimpan didalam freezer dibagian yang paling dingin dapat bertahan hingga 6 bulan.

Untuk memastikan bahwa cara menyimpan ASI ini telah sesuai dengan prosedur, maka harus di perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pada saat memasukan ASI kedalam botol, jangan sampai penuh, kira-kira sisakan 4 atau 5 cm ruang dibagian atas untuk tempat mengembangnya ASI
  • Pastikan botol tertutup dengan rapat
  • Beri tanggal agar mudah di ketahui masa kadarluarsanya
  • Jangan memindahkan ASI yang telah disimpan di dalam kulkas selama 48 jam ke dalam freezer

Tanda-tanda Kekurangan Gizi | Ciri-ciri Malnutrisi

Tanda-tanda kekurangan Gizi. Kekurangan Nutrisi merupakan salah satu konsep malnutrisi. Malnutrisi dapat berarti kekurangan nutrisi, kelebihan gizi ataupun ketidakseimbangan nutrisi yang dikonsumsi tubuh. Kekurangan nutrisi adalah kondisi yang lebih banyak dialami oleh penduduk Indonesia daripada kelebihan gizi. Hal ini karena sebagian besar rakyat Indonesia masih berada dibawah garis kemiskinan. Tapi ada juga sebagian orang yang hidupnya mampu tapi masih juga memiliki tanda-tanda kekurangan gizi. Untuk mengetahui tanda-tanda kekurangan nutrisi dapat dilihat di bawah ini.

Tanda-tanda Kekurangan Nutrisis | Gejala Gizi Buruk

Tanda-tanda kekurangan nutrisi antara lain adalah:

1. Mudah Lelah, karena energi tidak memenuhi kebutuhan untuk melakukan kerja
2. Mudah cemas, enzim yang tidak dapat bekerja dengan baik karena kekurangan minera;
3. Mudah terserang sariawan dan nyeri dibagian lidah
4. Mudah sakit, kekebalan tubuh rendah
5. Kulit bersisik dan rambut berketombe
2. Gatal-gatal di tubuh, seperti korengan dan penyakit kulit lainnya

Contoh keanekaragaman Hayati | Contoh Biodiversitas

Contoh biodiversitas atau keanekaragaman hayati. Mencari contoh keanekaragaman hayati adalah sangat mudah. Disekitar lingkungan tempat hidup kita terdapat banyak contoh keanekaragaman hayati. Tinggal menyesuaikan dengan tingkat dan macam keanekaragaman hayati itu sendiri. Berikut ini adalah contoh-contoh keanekaragaman hayati.

Contoh keanekaragaman hayati

1. Contoh keanekaragaman Hayati gen

Keanekaragamn hayati tingkat gen ditunjukan dengan adanya berbagai variasi dalam satu spesies. Contoh keanekaragaman gen:

  • pada spesies Anjing, ada anjing buldog, anjing cihua-hua, anjing kampung
  • pada spesie tumbuhan mangga, mangga gadung, mangga apel, mangga manalagi

2. Keanekaragaman Hayati jenis

Keanekaragaman jenis dapat di tunjukkan dengan adanya berbagai jenis makhluk hidup. Contoh keanekaragaman hayati jenis dapat dilihat pada:

  • Hewan mamalia, ada sapi, kambing, kerbau, babi, dll
  • Tumbuhan leguminosa, ada lamtoro, petai, buncis, kacang panjang, dll

3. Keanekaragaman hayati ekositem

Keanekaragaman hayati ekositem dapat dilihat dari banyaknya ekositem yang ada di muka bumi ini. Contoh keanekargaman ekositem adalah:

  • Ekositem darat,
  • ekositem gurun,
  • ekositem hutan tropis,
  • ekositem laut,
  • ekositem air tawar, dll

Jenis-jenis Asam | Macam-macam Asam

Jenis-jenis Asam atau macam-macam asam. Asam adalah senyawa yang dapat melepaskan ion H+ jika dilarutkan kedalam air, mempunyai pH di bawah tujuh dan dapat menyebabkan kertas lakmus biru berwarna merah. Asam banyak sekali macam dan jenisnya. Namun secara umum, asam dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

Jenis-jenis Asam | Macam-macam Asam

Jenis-jenis asam berdasarkan sumbernya dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

1. Asam Organik

Asam organik adalah asam yang terbentuk karena persenyawaan dengan senyawa organik (misalnya hidrokarbon) dan biasanya dapat diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. Asam organik adalah asam lemah. Macam-macam Asam Organik antara lain adalah:

Jenis Asam Organik Dapat ditemukan

asam asetat
asam askorbat
asam sitrat
asam karbonat
asam klorida
asam tartrat
asam malat
asam formiat
asam laktat
asam benzoat

laruta cuka
buah-buahan yang mengandung vitamin C
Jeruk
Minuman berkarbonasi
Asam lambung
Dalam buah anggur
Dalam buah apel
Sengatan lebah
Keju, susu
Bahan pengawet makanan

2. Asam Anorganik

Asam anorganik adalah asam yang terbentuk karena persenyawaan dengan senyawa anorganik. Asam anorganik adalah asam kuat yang dapat menyebakan iritasi pada kulit dan korosi pada logam. Macam-macam asam anorganik adalah:

Jenis asam Anorganik Dapat di temukan

Asam sulfat (H2SO4)
Asam fosfat
Asam nitrat (HNO3)
Asam bromida (HBr)
Asam iodida (HI)
Asam klorida
Asam klorat (HClO4)

pupuk, aki, bateray
Pupuk dan deterjen
Pupuk, bahan peledak (TNT)

Sifat-sifat Asam

Sifat-sifat Asam. Asam adalah senyawa yang terbentuk dari unsur ion Hidrogen positif dan unsur lain yang bermuatan negatif. untuk asam yang bersifat organik, yaitu yang diperoleh dari hewan atau tumbuhan, biasanya mempunyai rasa masam. Namun sebaiknya untuk mengidentifikasi suatu zat asam sebaiknya jangan mengunakan indra tubuh seperti sentuhan apalagi perasa, karena dapat berbahaya. Asam mempunyai sifat-sifat khas yang dapat membedakannya dari senyawa lain. Berikut ini adalah sifat-sifat asam

Sifat-sifat Asam

Sifat-sifat asam antara lain adalah:

1. Rasanya asam / masam
2. Dapat mengubah kertas lakmus biru menjadi merah
3. Mempunyai pH lebih kecil dari 7
4. Bersifat korosif terhadap logam
5. Jika terlarut dalam air dapat melepaskan ion H +
6. Menurut Bronsted dan Lowry, asam merupakan donor proton melalui ion H+ (untuk menjadi netral)
7. Menurut Lewis, asam merupakan reseptor Elektron (untuk menjadi netral)

Cara memperbaiki Flashdisk yang basah | Tips cara memperbaiki Flashdisk Terendam Air

Cara memperbaiki Flashdisk yang basah atau terendam air. Flashdisk, benda kecil imut-imut itu terkadang seringkali terlupa di keluarkan dari kantong baju atau celana saat akan di cuci. Akibatnya Flashdisk menjadi basah karena terendam air. Jika peristiwa tersebut terjadi pada anda, jangan panik. Flashdisk yang basah atau trendam air belum tentu rusak dan datanya hilang. Ada cara mudah memperbaiki flasdisk yang basah atau terendam air. Mau tahu caranya? Ikuti pengalaman saya memperbaiki flashdisk basah atau trendam air di bawah ini.

Cara memperbaiki Flashdisk yang basah atau terendam air

Flashdisk bagi kita yang berkecimpung di dunia internet sama dengan harta yang terkira harganya. Terutama jika dalam flashdisk tersebut tersimpan data-data penting. Namun tidak jarang karena lupa, flashdisk ikut tercuci dan menjadi basah karena terendam air. Berikut ini cara memperbaiki Flashdisk yang basah.

1. Keluarkan Flashdisk dari dalam air
2. Buka penutupnya, lalu letakan secara terbalik dengan lobang flashdisk menghadap kebawah.
3. Kalau bisa, buka kerangka flashdisk lalu jemur di bawah matahari hingga kering, sebelum di rakit kembali
4. Jika tidak bisa membuka kerangkanya, kibas-kibaskan flashdisk hingga air yang tergenang didalamnya keluar, lalu biarkan selama beberapa hari, hingga air benar-benar kering
5. Jika sudah kering tesk flashdisk dengan mencolokannya ke komputer
6. Jika terdeteksi berarti aman, jika tidak.. silahkan beli yang baru
7. Selesai

Itulah cara memperbaiki flashdisk yang basah karena terendam air yang saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi. Seringnya langkah-langkah diatas sukses di terapkan untuk flashdisk kingston saya. Entah untuk, anda. Untuk membuktikannya, silah dicoba dulu…

Jenis-jenis Daun

Jenis-jenis Daun. Jenis daun yang dimiliki oleh tumbuhan tergantung pada spesies tumbuhan itu sendiri dan fungsinya. Fungsi daun pada semua tumbuhan adalah sama, yaitu sebagai tempat pengolahan makanan, pernafasan dan penguapan air. Berdasarkan bentuknya, daun tumbuhan di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

Jenis-jenis Daun

Jenis daun pada tumbuhan dibedakan menjadi 2, yaitu:

1. Daun Tunggal

Tumbuhan berdaun tunggal adalah tumbuhan yang setiap tangkai daunnya hanya memiliki satu helai daun. Bentuk daun tunggal pada tumbuhan ada yang berbentuk bulap, elips, jorong, jantung, ginjal dll. Contoh: daun mangga, daun jeruk, daun nangka, daun waru, dll.

2. Daun Majemuk

Jenis daun majemuk pada tumbuhan dapat ditandai jika pada setiap tangkai daun memiliki beberapa helai daun. Bentuk daun majemuk tergantung pada susunan tata letak daunnya, ada yang menyirip, menjari, bersilangan, dll. Contoh daun majemuk adalah: daun lamtoro, daun kelapa, daun pakis, dll.

Bukti Pembayaran dari Paid Review Indonesia

Bukti Pembayaran dari Paidreviewindonesia.Com. Paid review Indonesia adalah sebuah situs yang memberi kesempatan pada Blogger Indonesia untuk mendapatkan penghasilan dengan cara menulis review tentang suatu produk atau situs di  Bukti pembayaran paidreview indonesia 1 blog mereka. Paid review Indonesia terbukti membayar lunas setiap job yang telah di kerjakan oleh blogger tanpa ada potongan biaya apapun termasuk biaya transfer. Semua ditanggung oleh paid Review Indonesia. Kalau tidak percaya silahkan check bukti pembayaran job review dari Paid Review Indonesia di samping ini.

Kesempatan berburu job review di paid review Indonesia adalah untuk siapa saja. Selama mereka memiliki blog yang memenuhi kriteria, syarat dan terma yang ditetapkan oleh paid Review Indonesia. Persyaratan blog yang diterima untuk berpartisipasi di job review Paid Review Indonesia yang paling utama adalah minimal harus memiliki PR 1, Alexa rank lebih kecil dari 4 juta dan pege view minimal 50 unik visitor per hari.

Honor untuk setiap blog review yang di approve di dasarkan pada pagerank blog. Rate fee publisher yang ditepakan oleh Paid Review Indonesia adalah:

Rate (honor) Blogger/Publisher diklasifikasikan berdasarkan Page Rank Blog:

  • Page Rank 1 Rp. 25.000 per artikel per blog
  • Page Rank 2 Rp. 30.000 per artikel per blog
  • Page Rank 3 Rp. 40.000 per artikel per blog
  • Page Rank 4 Rp. 50.000 per artikel per blog
  • Page Rank 5 Rp. 70.000 per artikel per blog
  • Page Rank 6 keatas hubungi kami langsung

Bagaimana? Anda tertarik untuk berburu job review di Paid Review Indonesia? Silah meluncur ke situs resminya untuk mendapatkan informasi yang lebih detail di paidreviewindonesia.com

Macam-macam tata letak Daun

Macam-macam tata Letak Daun. Tata letak daun pada tangkai dari suatu tumbuhan, memberi ciri khas tertentu pada jenis tumbuhan yang bersangkutan. Contohnya tumbuhan monokotil dan dikotil dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan tata letak daunnya. Macam-macam Daun berdasarkan tata letaknya di bedakan menjadi:

Macam-macam tata letak daun

Tata Letak Daun Penjelasan
Alternate Letak daun yang berseling. Artinya hanya satu helai daun melekat pada setiap buku, daun tertata mengitari ranting seperti spiral
Opposite Tata letak daun dimana daun terletak secara berpasangan dan berhadapan pada lingkaran ranting yang sama
Sub-opposite Letak daun yang merupakan hasil modifikasi dari alternate, dimana daun tertata secara bersilangan
Verticillate Tata letak daun dimana lebih dari dua daun pada buku yang sama secara melingkar

Macam-macam bentuk permukaan Daun

Macam-macam bentuk permukaan daun. Permukaan daun pada beberapa tumbuhan memiliki bentuk dan ciri khasnya sendiri-sendiri yang membuatnya berbeda dengan daun dari tumbuhan yang lain. Ada daun yang permukaanya licin, ad yang halus dan di lapisi lilin, ada yang berbulu dan ada yang permukaannya kasar. berdasarkan bentuk permukaannya, daun dibedakan menjadi berbagai macam, yaitu:

Macam-macam permukaan daun

Bentuk permukaan daun Penjelasan
Glabrous daun yang mempunyai permukaan licin, tidak berbulu dan halus
Pubescens daun yang permukaannya berbulu pendek dan lembut
Rugose daun yang permukaannya berkeriput dengan tulang daun yang tenggelam ke dalam
Tomentose daun yang permukaanya di penuhi bulu atau rambut seperti wool dan ikal

Macam-macam bentuk Pangkal dan Ujung daun

Macam-macam bentuk pangkal dan ujung daun. Macam-macam bentuk daun dapat dibedakan berdasarkan macam-macam bentuk pangkal dan bentuk ujung daun. Berikut ini adalah macam-macam bentuk daun berdasarkan bentuk pangkal dan ujung daunnya, yaitu:

Macam-macam bentuk daun

Bentuk Pangkal dan
Ujung Daun

Penjelasan

Accuminate Bentuk daun yang ujung dan pangkalnya meruncing
Acute Bentuk daun yang ujung dan pangkalnya runcing
Cuneate Bentuk daun yang ujung dan pangkalnya berbentuk segitiga terbalik
Obtuse Bentuk daun yang ujung dan pangkalnya tumpul
Rounded Bentuk daun yang ujung dan pangkalnya bundar
Truncate Bentuk daun yang ujung dan pangkalnya terpotong

Macam-macam Bentuk daun Tumbuhan

Macam-macam bentuk daun tumbuhan. Bentuk daun pada tumbuhan banyak sekali macamnya. Berikut ini adalah macam-macam bentuk daun berdasarkan bentuk daun secara keseluruhan.

Macam-macam Bentuk Daun

Bentuk Daun

Penjelasan

Deltate Bentuk daun secara keseluruhan seperti bentuk delta, yaitu menyerupai bentuk segitiga sama sisi. Contoh:
Elliptical Daun berbentuk ellips atau bulat telur, bagian terlebar terletak dibagian tengah. Contoh: daun
Elliptical Oblong Berbentuk antara ellips sampai memanjang
Lanceolate Daub berbentuk lanset, panjang 3-5 x lebar, bagian terlebar sekitar 1/3 dari pangkal dan menyempit di bagian ujung daun
Oblong Daun yang bentuknya memanjang dimana panjang daun sekitar 2 ½ x lebar
Oblong lanceolate Daun yang berbentuk antara memanjang sampai lanset
Oblong obovate daun yang berbentuk antara memanjang sampai bulat telur sunsang
Oblong cylindric Daun yang berbentuk antara memanjang sampai silindris (bulat)
Oblong elliptic Daun yang berbentuk antara memanjang sampai ellips
Oblonceolate Daun yang berbentuk lanset sungsang
Obovate Daun yang berentuk bulat telur sungsang
Orbicular Daun yang berbentuk bundar, dimana panjang daun sama dengan lebar daun
Ovate Daun yang berbentuk bulat telur, bagian terlebar dekat pangkal daun
Reniform Daun berbentuk ginjal, pendek dan lebar, seperi daun waru

Macam-macam bentuk Daun

Macam-macam bentuk daun. Bentuk daun pada tumbuh-tumbuhan berbeda. Ada tumbuhan yang berdaun lebar, ada pula tumbuhan yang berdaun kecil. Ada daun yang berbentuk oval, ada juga yang berbentuk segitiga atau lonjong. Begitu banyaknya bentuk daun, sehingga untuk mempermudah dalam mempelajarinya, macam-macam bentuk daun di kelompokan berdasarkan 3 hal, yaitu:

Macam-macam Bentuk Daun

Macam-macam bentuk bentuk daun di kelompokan berdasarkan:

1. Bentuk daun secara keseluruhan

Macam-macam bentuk daun berdasarkan bentuk daun secara keseluruhan diantaranya adalah Deltate, Elliptical, Oblong, Obovate, Orbicular, Reniform. Untuk mengetahui lebih detail penjelasan tentang istilah macam-macam bentuk daun berdasarkan bentuk daun secara keseluruhan, silahkan klik di SINI.

2. Bentuk pangkal dan ujung daun

Macam-macam bentuk daun berdasarkan bentuk pangakal dan ujung daun diantaranya adalah: Accuminate, Acute, Cuneate, Obtuse, Truncate, dll. Untuk mengetahui penjelasan detail nya silahkan klik di SINI.

3. Bentuk permukaan daun

Macam-macam bentuk daun berdasarkan bentuk permukaan daun antara lain adalah: Pubescens, Glabrous, Tometose, Tomentose. Untuk penjelasan detailnya silah klik di SINI.

4. Tata letak daun

Macam-macam bentuk daun berdasarkan tata letak daun antara lain adalah: Alternate, Opposite, Sub-opposite, Verticillate. Untuk mengetahui penjelasannya silahkan klik di SINI.

Gutasi adalah | Arti kata dan Istilah

Pengertian gutasi. Arti kata dan istilah gutasi. Gutasi adalah salah satu istilah dalam bidang biologi. Gutasi adalah proses pengeluaran air dari jaringan tumbuhan. Sepintas gutasi hampir mirip dengan transpirasi hanya saja faktor penyebab, mekanisme, dan waktu terjadinya proses pengeluaran air yang berbeda.

Gutasi tidak terjadi sesering terjadinya transpirasi. Karena untuk dapat terjadi proses gutasi di perlukan kondisi tertentu. Gutasi dapat terjadi jika kondisi tanah memungkinkan akar untuk terus-menerus menyerap air yang dibutuhkan. Sehingga penyerapan air menjadi sangat tinggi.  Penyerapan air yang tinggi dapat menyebabkan kelebihan air pada sel-sel tumbuhan yang kemudian akan dibuang melalui proses transpirasi atau penguapan air.

Terkadang kondisi udara atau atmosfer terkadang dapat menyebabkan laju transpirasi menurun atau bahkan tidak mungkin terjadi. Pada kondisi seperti inilah kemudian proses gutasi akan terjadi. Mekanisme gutasi sangat sederhana. Kelebihan air akan di keluarkan melalui sel daun yang bernama hidatoda. Hidatoda memiliki strktur yang hampir sama dengan stomata atau mulut daun hanya saja letaknya di bagian tepi daun.   

Gutasi biasanya terjadi pada malam hari. Kecuali pada kondisi tertentu gutasi dapat terjadi pada malam hari. Gutasi tidak menghasilkan air murni seperti pada proses transpirasi, tetapi menghasilkan air yang mengandung senyawa-senyawa terlarut dan garam-garam mineral.

Sinopsis Drama Korea Queen Seon Deok episode 1-61 lengkap


Sinopsis Queen Seondeok  episode 1-61. Drama korea Queen Seon Deok merupakan drama korea berlatar belakang sejarah penyatuan 3 negara.  Drama korea ini pernah ditayangkan di Indosiar, tapi tidak sampai tamat. Dan pernah juga di tayangkan di chanel LBS pada malam hari yang kemudian di tayang ulang pada keesokan harinya menjelang senja. Bagi yang tidak sempat menonton drama livenya dapat membaca sinopsis queen seondeok di tautan berikut ini.

Sinopsis Quesn Seondeok episode 1-61 Lengkap.

  • Sinopsis Seondeok episode 1
  • Sinopsis Seondeok episode 2 
  • Sinopsis Seondeok episode 3
  • Sinopsis Seondeok episode 4
  • Sinopsis Seondeok episode 5
  • Sinopsis Seondeok episode 6
  • Sinopsis Seondeok episode 7
  • Sinopsis Seondeok episode 8
  • Sinopsis Seondeok episode 9
  • Sinopsis Seondeok episode 10
  • Sinopsis Seondeok episode 11
  • Sinopsis Seondeok episode 12
  • Sinopsis Seondeok episode 13
  • Sinopsis Seondeok episode 14
  • Sinopsis Seondeok episode 15
  • Sinopsis Seondeok episode 16
  • Sinopsis Seondeok episode 17
  • Sinopsis Seondeok episode 18
  • Sinopsis Seondeok episode 19
  • Sinopsis Seondeok episode 20
  • Sinopsis Seondeok episode 21
  • Sinopsis Seondeok episode 22
  • Sinopsis Seondeok episode 23
  • Sinopsis Seondeok episode 24
  • Sinopsis Seondeok episode 25
  • Sinopsis Seondeok episode 26
  • Sinopsis Seondeok episode 27
  • Sinopsis Seondeok episode 28
  • Sinopsis Seondeok episode 29
  • Sinopsis Seondeok episode 30
  • Sinopsis Seondeok episode 31
  • Sinopsis Seondeok episode 32
  • Sinopsis Seondeok episode 33
  • Sinopsis Seondeok episode 34
  • Sinopsis Seondeok episode 35
  • Sinopsis Seondeok episode 36
  • Sinopsis Seondeok episode 37
  • Sinopsis Seondeok episode 38
  • Sinopsis Seondeok episode 39
  • Sinopsis Seondeok episode 40
  • Sinopsis Seondeok episode 41
  • Sinopsis Seondeok episode 42
  • Sinopsis Seondeok episode 43
  • Sinopsis Seondeok episode 44
  • Sinopsis Seondeok episode 45
  • Sinopsis Seondeok episode 46
  • Sinopsis Seondeok episode 47
  • Sinopsis Seondeok episode 48
  • Sinopsis Seondeok episode 49
  • Sinopsis Seondeok episode 50
  • Sinopsis Seondeok episode 51
  • Sinopsis Seondeok episode 52
  • Sinopsis Seondeok episode 53
  • Sinopsis Seondeok episode 54
  • Sinopsis Seondeok episode 55
  • Sinopsis Seondeok episode 56
  • Sinopsis Seondeok episode 57
  • Sinopsis Seondeok episode 58
  • Sinopsis Seondeok episode 59
  • Sinopsis Seondeok episode 60
  • Sinopsis Seondeok episode 61 
  • Flex adalah | Arti kata dan Istilah

    Arti kata dan istila Flex. Flex adalah suatu istilah di bidang komputer dan infomatika. Secara definisi Flex adalah kumpulan teknik yang dirilis oleh Adobe Systems untuk membangun dan menyebarkan Rich Internet Apli­cation berbasiskan platform Adobe Flash. Adobe flash merupakan software penting di internet, karena hampir semua browser menggunakannya untuk semua aplikasi yang membutuhkan flash player.

    Flex pertama kali di rilis pada bulan maret 2004 oleh macromedia. Didalamnya mencangkup Software Development Kit, IDE, dan aplikasi integrasi J2EE yang dikenal dengan nama Flex Data Services. Sejak Adobe mengakuisisi Macromedia pada tahun 2005, rilis berikut­nya dari Flex tidak lagi membutuhkan Flex Data Services. Flex data services kemudian men­jadi produk terpisah dengan nama baru yaitu LiveCycle Data Services. (blog.kursusprivat.com)

    Fungsi Daun pada Tumbuhan

    Fungsi daun pada tumbuhan. Daun adalah bagian tubuh tumbuhan yang terlihat paling mencolok dibandingkan bagian tanaman yang lain, kecuali bagi tumbuhan yang tidak memiliki daun. Daun juga merupakan salah satu alat yang bisa digunakan dalam klasifikasi tanaman. Daun mengandung zat warna. Sebagian zat warna pada daun adalah klorofil yang memberi warna hijau pada daun. Selain berwarna hijau, daun juga bewarna merah, kuning, coklat, dll tergandung pada zat warna yang terkandung didalamnya. Namun yang paling utama adalah fungsi daun bagi kelangsungan hidup tanaman.

    Fungsi Daun pada Tumbuhan

    Daun memiliki fungsi yang penting bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup tumbuhan. Fungsi daun antara lain adalah:

    1. Tempat terjadinya fotosintesis.
    Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari. Salah satu proses Fotosintesis tumbuhan terjadinya pada daun.

    2. Sebagai organ pernapasan atau respirasi.
    Pada daun terdapat stomata atau mulut daun dimana merupakan saluran pernafasan tempat daun menghirup CO2 dari udara dan membuang O2 ke udara.

    3. Tempat terjadinya transpirasi.
    Transpirasi adalah proses menguapnya air dari tumbuhan. Proses transpirasi tumbuhan terjadi melalui stomata atau mulut daun yang terdapat pada permukaan daun, terutama pada permukaan daun bagian bawah. Transpirasi biasanya terjadi pada siang hari dengan bantuan sinar matahari.

    4. Tempat terjadinya gutasi.
    Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun. Gutasi terjadi saat kondisi penyerapan air tinggi namun laju transpirasi rendah ataupun saat kelembaban udara tinggi sehingga penguapan air sulit terjadi. Gutasi biasanya terjadi pada malam hari dimana tetesan air yang terkumpul di daun akibat gutasi biasanya di anggap sebagai embun.

    5. Alat reproduksi vegetatif.
    Daun juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Contoh yang paling mudah adalah pada perkembang biakan daun cocor bebek dan tanaman akasia.

    Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya

    Bagian-bagian Bunga dan fungsinya. Bunga memiliki fungsi yang sangat penting bagi tumbuhan. Terutama tumbuhan yang bisa menghasilkan buah. Setiap tumbuhan yang berbuah selalu memiliki bunga, karena bunga merupakan salah satu alat perkembang biakan bagi tumbuhan yang berkembang biak dengan biji. Kali ini Kamus Q ingin berbagi tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya.

    Bunga pada tumbuhan dibedakan menjadi 2, yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki putik dan benang sari. Sedangkan bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki benang sari atau putik saja. Berikut ini adalah bagian-bagian bunga sempurna dan fungsinya.

    Bagian-bagian bunga sempurna dan fungsinya

    Bunga sempurna terdiri dari enam bagian, yaitu:
    1. Tangkai bunga  berfungsi sebagai penghubung batang dengan bunga
    2. Kelopak bunga berfungsi untuk melindungi bunga saat masuh kuncup
    3. Mahkota bunga berfungsi untuk menarik perhatian serangga
    4. Bakal buah berfungsi alat perkembang biakan karena kemudian dalam masa perkembangan bakal buah akan menjadi buah dimana tersimpan biji buah
    5. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan
    6. Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina

    Mola Hidatidosa adalah | Pengertian Hamil Anggur

    Pengertian Hamil Anggur. Mola Hidatidosa adalah istilah ilmiah kedokteran untuk menyatakan kehamilan anggur. Hamil anggur adalah kehamilan yang terjadi secara abnormal akibat dari kegagalan pembuahan sel telur oleh sperma sehingga tidak terjadi pembentukan zigot. Yang muncul hanyalah gumpalan-gumpalan atau gelembung-gelembung jonjot di rahim yang tetap tumbuh karena adanya suplay darah dan nutrisi. Gelembung-gelembung itu bergerombol seperti sekumpulan buah anggur. Karena itu disebut hamil anggur.

    Pengertian hamil anggur didalam bidang medis berbeda lagi. Ada yang meyatakan bahwa hamil anggur adalah sejenis tumor jinak yang terbentuk dari sel-sel trofoblas yang telah dibuahi. Sel  trofoblas yaitu bagian tepi sel telur yang akhirnya membentuk ari-ari. Hamil anggur dapat terjadi karena tidak adanya buah kehamilan (agenesis), atau adanya degenerasi sistem aliran darah terhadap buah kehamilan pada usia kehamilan minggu ke- 3 sampai minggu ke-4. Penyebab lainnya yaitu terus berlangsungnya aliran atau sirkulasi darah tanpa adanya bakal janin sehingga mengakibatkan peningkatan produksi cairan sel trofoblas. Hamil anggur juga bisa disebabkan oleh adanya kelainan substansi kromosom seks. (bidanku.com)

    Gejala hamil anggur sangat dengan gejala-gejala yang dialami perempuan yang hamil normal, yaitu terlambat haid, mual-muntah, dan sebagainya. Pemeriksaan tes kehamilan juga memberikan hasil yang positif. Namun yang membedakan adalah, pada hamil anggur tidak terdapat tanda-tanda gerakan janin dan perut tampak lebih besar dari usia kehamilan sebenarnya. Untuk itu jika anda menemui gejala seperti yang disebutkan diatas, segeralah periksakan kehamilan anda secara lebih intensif.  Mola Hidatidosa atau hamil anggur dapat terjadi pada siapa saja terutama yang memiliki faktor penyebab hamil anggur. Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab hamil anggur silah baca artikel selanjutnya.

    Pengertian Biodiversitas | Keanekaragaman Hayati


    Pengertian Keanekaragaman hayati. Pengertian biodiversitas dan keanekaragaman hayati adalah variasi bentuk kehidupan di bumi pada berbagai tingkatan dari organisme sampai ekosistem terbentuk. Keanekaragaman hayati melingkupi berbagai macam perbedaan yang ada pada makhluk hidup yang ditunjukan adanya variasi bentuk, penampakan, penampilan, jumlah, dan sifat-sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan, mulai dari tingkatan gen, spesies, hingga tingkat ekosistem. Biodiversitas merupakan tanda-tanda kekayaan alam yang dimiliki oleh suatu wilayah dibelahan dunia.


    Biodiversitas atau keanekaragaman hayati mengacu pada kelimpahan spesies, komposisi genetik, komunitas ekosistem dan bentang alam di mana makhluk hidup berada. Berdasarkan hal tersebut diatas, para ahli kemudian membedakan keanekaragaman hayati kedalam tiga kelompok, yaitu:

    Jenis-jenis keanekaragaman hayati ( Biodiversitas)

    Berdasarkan variasi bentuk, kelimpahan spesies, komnitas dan ekosistem, keanekaragaman hayati dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis keanekaragaman hayati adalah:
    • Keanekaragaman gen,
    • Keanekaragaman spesies,
    • Keanekaragaman ekosistem.

    Nilai-nilai Keanekaragaman hayati

    Keanekaragaman hayati memiliki nilai yang menjadi patokan atau tolak ukur suatu kekayaan alam yang dimiliki oleh suatu wilayah. Nilai-nilai keanekaragaman hayati meliputi:
    • Nilai ekologis
    • Nilai ekonomis
    • Nilai sosial dan budaya
    • Nilai estetika dan rekreasi
    • Nilai penelitian dan pendidikan
    Untuk mengetahui Manfaat keanekaragaman hayati silah baca di SINI. Sedangkan untuk melihat contoh-contoh keanekaragaman hayati silah lihat di SINI



    Jenis-jenis Pembuluh Darah | Fungsi Pembuluh darah

    Jenis dan Macam Pembuluh Darah dan Fungsinya. Macam-macam pembuluh darah dalam tubuh makhluk hidup terdiri dari 4 jenis. Masing-masing jenis pembuluh darah tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan sangat penting bagi kelangsungan hidup organisme. Jenis-jenis pembuluh darah tersebut antara lain adalah:

    Jenis-jenis Pembuluh darah

    Macam-macam pembuluh darah tersebut adalah:

    1. Pembuluh darah Arteri (pembuluh nadi)

    • Pembuluh Aorta
    • Pembuluh Arteri Pulmonalis
    • Pembuluh Arteriola

    2. Pembuluh darah Vena (pembuluh balik)

    • Pembuluh Vena kava
    • Pembuluh Vena Pulmanolis
    • Pembuluh Venula

    3. Pembuluh darah Kapiler

    Fungsi Pembuluh darah

    1. Fungsi pembuluh darah Arteri (pembuluk nadi) adalah membawa darah dari jantung ke pembuluh kapiler

    2. Fungsi pembuluh darah kapiler adalah sebagai penghubung antara pembuluh darah arteiola dan venula serta sebagai tempat pertukaran air, oksigen, karbon dioksida, serta nutrien dan zat kimia sampah antara darah dan jaringan di sekitarnya.

    3. Fungsi pembuluh darah vena adalah membawah darah dari pembuluh kapiler kembali ke jantung.

    Fungsi Darah

    Fungsi Darah. Darah merupakan bagian penting dari tubuh makhluk hidup terutama manusia. Darah adalah cairan tubuh interseluler yang terdiri dari plasma dan sel darah. Darah mempunyai fungsi yang sangat penting pada kelangsungan hidup. Fungsi darah antara lain adalah:

    Fungsi Darah

    Fungsi darah bagi kelangsungan hidup makhluk hidup antara lain adalah:
    1. Sebagai alat transportasi
    • Transportasi oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh
    • Transportasi karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru
    • Alat untuk mengedarkan sari-sari makanan baik vitamin, mineral, hormon dll keseluruh tubuh
    • Alat untuk mengangkut dan mengumpulkan sampah organik dan sisa-sisa metabolisme ke saluran ekskresi
    2. Sebagai alat pertahanan tubuh yang utama karena dalam darah terkandung sel  leukosit dan fogosit yang berfungsi mencegah masuknya kuman penyakit dan membersihkan sel-sel yang rusak.
    3. Mengatur suhu tubuh
    4. Mengontrol pH tubuh
    5. Menutup luka

    Bukti-Bukti Evolusi

    Bukti-bukti Evolusi. Evolusi adalah sebuah teori. Teori yang membahas tentang proses perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dalam jangka waktu yang sangat lama. Evolusi makhluk hidup tidak dapat diamati secara langsung. Karena proses evolusi membutuhkan waktu ratusan hingga jutaan tahu. Namun evolusi dapat dibuktikan. Bukti-bukti evolusi antara lain adalah:

    Bukti-Bukti Evolusi

    Bukti-bukti evolusi akan dapat menjadi bukti bahwa makhluk hidup mengalami perubahan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Bukti-bukti evolusi makhluk hidup antara lain dapat dilihat melalui:

    1. Penemuan Fosil
    Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup zaman purba yang telah mati dan menjadi batu. Fosil merupakan bukti penting yang menunjukan bahwa teori evolusi itu ada. Caranya adalah dengan membandingkan fosil yang ditemukan dengan makhluk hidup yang ada sekarang.

    2. Embriologi perbandingan
    Adanya persamaan antara beberapa hewan vertebrata yang satu dengan yang lainnya pada masa perkembangan embrio. Hal ini menunjukan bahwa pada awalnya hewan-hewan tersebut memiliki persamaan dan perbedaan baru muncul pada masa perkembangan. Beberapa persamaam terlihat mulai dari zigot, morula, hingga blastula baru kemudian perkembangan selanjutanya mengalami diferensiasi hingga terbentuk makhluk hidup sesuai dengan jenis indukannya.

    3. Anatomi perbandingan
    Anatomi perbandingan pada berbagai binatang dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

    • Homologi  adalah ogan tubuh makhluk hidup  yang memiliki bentuk dasar yang sama namun memiliki struktur dan fungsi yang berbeda. Contohnya : tangan manusia homolog dengan kaki depan kuda, kaki depan anjing dengan sayap burung,dan kaki depan buaya dengan sirip dada ikan paus
    • Analogi  adalah organ tubuh  yang mempunyai bentuk dasar yang berbeda namun karena perkembangan evolusi yang konvergen alat –alat tersebut mempunyai fungsi yang sama

    4. Analisa biokimia makhluk hidup

    5. Persamaan fisiologi makhluk hidup pada tingkat seluler. Terutama pada proses metebolisme, respirasi, sintesis protein, maupun sintesis  ATP dan penggunaannya dalam aktivitas hidup.

    6. Fosil Hidup. Makhluk purba yang ditemukan dalam kondisi hidup.

    J2EE adalah | Arti kata dan Istilah

    Arti kata dan Istilah J2EE.  J2EE adalah singkatan dari Java 2 Enterprise Edition.  J2EE adalah sebuah platform pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi arsitektur distributed multi-tier, yang sebagian besar berbasiskan komponen modular yang berjalan pada application server.

    Platform J2EE didefinisikan dengan sebuah spesifikasi dan secara informal dianggap sebagai bahasa atau kode karena provider harus menyepakati persyaratan persesuaian tertentu demi mendeklarasikan produk mereka se­bagai J2EE compliant walaupun tanpa standar ISO atau ECMA. (blog.kursusprivate.com)

    Abend adalah | Arti kata dan Istilah

    Arti kata dan istilah Abend. Abend adalah sebuah istilah dalam ilmu komputer dan informatika. Abend berasal dari kata abnormal end. Abend adalah istilah untuk mendefinisikan proses penghentian sebuah program atau proses yang tidak normal diakibatkan oleh terjadinya kesalahan input data oleh user atau crash program.

    Abend berhubungan erat dengan error yang terjadi pada suatu software. Misalnya ketika sebuah software yang sedang beroperasi tiba-tiba hang atau berhenti secara mendadak, mengalami crash sehingga harus di tutup.

    Abend juga merupakan singkatan dari Absent By EnforcedNet Deprivation atau Ketidakhadiran disebabkan oleh paksaan ketaktersediaan jaringan. Istilah ini terkirim pada baris subjek dalam e-mail yang dikirimkan oleh pengirim yang diberi peringatan dan lain-lain yang kehilangan akses internet secara paksa disebabkan oleh pergerakan, putusnya jaringan, atau penyebab lainnya.

    Indolistrik.com tempat Belanja dan Bisnis Alat listrik

    Indolistrik.com tempat belanja dan bisnis alat listrik. Indolistrik.com adalah distributor penjual alat listrik terbesar di Indonesia. Indolistrik melayani pembelian alat-alat listrik secara grosir ataupun retail serta menerima segala bentuk kerja sama dalam bisnis alat listrik. Sebagai distributor penjual alat listrik terbesar di Indonesia, indolistrik menawarkan kemudahan dalam pelayanan dan kualitas barang yang bermutu tinggi. Sehingga tidak perlu kuatir barang akan rusak dan tidak dapat di gunakan begitu tiba di hadapan Anda. Karena sebagai pakar bisnis dan penjual alat listrik, Indolistrik mengetahui lebih banyak apa artinya listrik dan kelistrikan bagi kita semua di zaman modern ini. Alat-alat listrik yang dijual di Indolistrik meliputi:

    Alat-alat Listrik di Indolistrik.com

    • Wiring Aksesories
    • Panel Metering
    • Kontak Baru  & timer
    • Foot Switch
    • Monolever Switch
    • Power Supply
    • Explosion Proof Pr
    • Kap Lampu Explosion Proof
    • Junction Box Explosion Proof
    • Pompa Hidrolik (Hydraulic)
    • MCB (Mini Circuit Breaker)
    • ELCB & RCCB
    • Kontaktor (Contactor)
    • Thermal Overload Relay
    • LBS (Load Break Switch)
    • COS (Change Over Switch)
    • Relay & Soket
    • dll

    Listrik dan kelistrikan adalah bagian penting dari hidup manusia yang tidak tergantikan. Setiap saat, setiap waktudan dimanapun kita berada, listrik selalu menemani kita. Coba bayangkan kalau tidak listrik, apa yang akan terjadi pada Hp kesayangan kita? Jika tidak ada listrik… kita akan ketingalan berita dan menjadi makhluk gua yang tidak terupdate oleh informasi penting yang ada di dunia. Begitu pentingnya listrik bagi kehidupan, maka segala sesuatu yang dapat menyebabkan gangguan harus di hindari. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat-alat listrik bermutu tinggi yang telah di persiapkan oleh indolistrik.com.

    Alat-alat listrik ternyata tidak hanya menjaga keseimbangan hidup kita tapi dapat juga menjadi sumber penghasilan tambahan dan utama. Peluang bisnis alat listrik merupakan bisnis yang berprospek cerah. Karena listrik selamanya akan diperlukan manusia, maka alat-alat listrikpun akan selalu menjadi kebutuhan. Dengan berdasarkan asumsi ini, indolistrik sebagai distributor penjual alat listrik terbesar di Indonesia menawarkan kerja sama pada siapa saja yang berminat dalam bisnis alat listrik untuk menjadi partner dan bagian dari keluarga besar distributor alat listrik Indolistrik.com. Untuk itu Indolistrik akan menyiapkan sistem yang mudah, murah yang bisa menebar manfaat bagi siapa saja yang berminat dalam berbisnis alat listrik.

    Triptophan | Fungsi dan manfaat asam amino Triptofan

    Fungsi dan manfaat triptofan. Triptophan adalah senyawa asam amino yang berfungsi dalam pembentukan serotonin dan melatonin yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur. Fungsi tripthofan hampir sama dengan tirosin yaitu meningkatkan fungsi otak dalam memproses informasi. Bedanya kalau asam amino tirosin adalah asam amino non esensial, asam amino triptofan termasuk dalam kelompok asam amino esensial. Biasanya tritopfan dan tirosin di temukan dalam susu, baik susu ASi ataupun susu formula tambahan. Berikut ini adalah fungsi dan manfaat triptofan bagi kesehatan tubuh.

    Fungsi dan manfaat asam amino Triptofan

    Fungsi dan manfaat asam amino triptofan antara lain adalah:

    • Meningkatkan fungsi otak dalam menyerap informasi
    • Menjaga kestabilan emosi
    • Menunjang fungsi dari vitamin B kompleks. 
    • Meningkatkan kesehatan syaraf.
    • Meningkatkan rasa ketenangan
    • Mencegah insomnia
    • Meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan yang penting
    • Mencegah obesitas dan penyakit jantung.

    Tirosin | Fungsi dan manfaat Asam Amino Tyrosin

    Fungsi dan manfaat asam amino Tirosin. Tirosin adalah asam amino penting yang meningkatkan fungsi otak untuk menyerap informasi dengan membentuk neutrotransmiter cathecolamine, yang berfungsi untuk menimbulkan keadaan terjaga. Selain untuk perkembangan otak, asam amino tirosin juga mempunyai fungsi dan manfaat yang lain. Berikut ini adalah fungsi dan asam amino torisin.

    Fungsi dan manfaat asam amino Tirosin

    Fungsi dan manfaat asam amino tirosin yang lain antara lain adalah:

    • Menjaga kesiagaan mental dan penyerapan informasi oleh otak
    • Memperlambat penuaan sel. 
    • Menekan pusat lapar di hipotalamus. 
    • Membantu produksi melanin. 
    • Berperan penting dalam menunjang fungsi kelenjar adrenal, tiroid dan pituitary. 
    • Berperan penting dalam  pengobatan depresi, alergi dan sakit kepala. 
    • Mencagah hypothyroidism
    • Dapat berfungsi sebagai obat stimulan dan penenang yang efektif dan tanpa efek samping. 

    Jenis-jenis asam Amino | Macam-macam Asam Amino

    Jenis-jenis dan macam-macam Asam amino. Secara umum asam amino terbagi menjadi 2 jenis, yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial. Asam amino essensial adalah asam amino yang diperlukan oleh tubuh tetapi tubuh tidak dapat membuatnya sendiri sehingga harus mendapatkan pasokan dari luar melalui makanan. Asam amino non esensial adalah asam amino yang dapat di produksi oleh tubuh sehingga tidak harus mendapatkan asupan dari luar. Berikut ini adalah jenis-jenis asam amino yang esensial dan macam-macam asam amino non esensial.

    Jenis-jenis asam amino

    Secara garis besar asam amino di kelompokan menjadi 3, macam, yaitu:

    1. Asam amino Esensial

    Asam amino esensial terdiri dari 8 macam. Macam-macam asam amino tersebut adalah:

    • Triptofan
    • Treonin
    • Metionin
    • Lisin
    • Leusin
    • Isoleusin
    • Fenilalanin
    • Valin

    2. Asam amino non esensial

    Asam amino non esensial adalah asam amino yang dapat di produksi oleh tubuh. Asam amino esensial ada 10 jenis. Jenis-jenis asam amino non esensial adalah sebagai berikut:

    • Tirosin
    • Sistein
    • Serin
    • Prolin
    • Glisin
    • Asam Glutamat  
    • Asam Aspartat
    • Arginin
    • Alanin
    • Histidin
    • Glutamin
    • Asparagin

    3. Asam amino setengah esensial

    Asam amino setengah esensial adalah asam amino yang dapat di produksi oleh tubuh setelah memenuhi syarat-syarat tertentu. Artinya asam amino tersebut tidak dapat di produksi oleh tubuh jika syaratnya tidak terpenuhi. Yang termasuk asam amino setengah esensial adalah histidina dan arginina. Histidin dan arginin disebut sebagai setengah esensial karena tubuh manusia dewasa sehat mampu memenuhi kebutuhannya.

    Asam amino | Struktur Asam Amino

    Pengertian dan struktur asam amino. Definisi Asam amino adalah berbagai jenis senyawa organik yang memiliki gugus fungsional karboksil (-COOH) dan amina (biasanya -NH2) yang terikat pada satu atom karbon yang sama. Asam amino bersifat amfoterik dan merupakan senyawa yang paling penting bagi kelangsungan hidup organisme karena asam amino merupakan senyawa yang menjadi penyusun protein.

    Asam amino memiliki struktur yang khas. Pada umumnya, struktur asam amino adalah satu atom C yang mengikat empat gugus, yaitu: gugus amina(NH2), gugus karboksil (COOH), atom hidrogen (H), dan gugus sisa (R, dari residue). Gugus residue atau disebut juga rantai samping merupakan bagian penting dari sebuah asam amino karena gugus rantai samping  inilah yang dapat menjadi pembeda antara satu asam amino dengan asam amino lainnya. Asam amino biasanya diklasifikasikan berdasarkan sifat kimia rantai sampingnya.  Rantai samping asam amino yang menjadi penentu apakah sebuah asam amino itu bersifat asam lemah, basa lemah, hidrofilik jika polar dan hidrofobik jika nonpolar.

    Struktur asam amino menyebabkan asam amino mengalami isomerisasi, polimerisasi dan berbentuk zwitter ion. Isomerisasi asam amino terjadi karena atom C pusat mampu mengikat empat gugus yang berbeda. Polimerisasi asam amino dapat terjadi karena asam amino dapat melakukan ikatan peptida.  Sebagian besar asam amino berbentuk zwitter ion pada kondisi pH netral. Asam amino diperlukan oleh makhluk hidup sebagai penyusun protein atau sebagai kerangka molekul-molekul penting. Ia disebut esensial bagi suatu spesies organisme apabila spesies tersebut memerlukannya tetapi tidak mampu memproduksi sendiri

    Lirik lagu Drama Silence Vic Zhou | OST Drama Silence

    Lirik lagu OST drama Taiwan Silence. Silence adalah sebuah drama Taiwan yang salah satu pemainnya adalah artis korea ternama Park Eun Hye (Yu Ga En). Judul asli drama Silence dalam bahasa Taiwan adalah Jing Jing De. Bahkan lagu-lagu Soundtrack nya pun ditulis dalam bahasa mandarn. Salah satu soundtrack OST drama Silence yang terkenal adalah yang berjudul Silently atau Jing Jing De. Berikut ini lirik lagu OST drama Silence..

    Lirik lagu Drama Silence

    JING JING DE

    Kong qi li duo zhe shen me, You dian lang man de xin dong
    Wo tou tou kan ni, Ni ye tou tou kan wo
    Shi jie shang duo le shen me

    Hao xiang bian de hen bu tong, Zhan zai ni shen bian
    Zhe yi qie dou hao kuan kuo, Wo hai zai deng zhe ni
    Jing jing de ai wo

    Zhi yao you ni pei wo, Jing jing de jiu zu gou
    Ni ye zai deng zhe wo, Jing jing de wen rou
    Jiu zhe yang shou qian shou,

    Jing jing de kan zhe tian kong, Xin li mian cang zhe shen me
    Ni zhi xiang yao rang wo dong, Yuan lai wo de meng
    Ye jiu shi ni de meng

    Zhi tiao shang xie le shen me, Wo hao xiang yao ting ni shuo
    Rang zi zi ju ju, Chong man wo men de xiao rong
    Yong yuan yao ji de na tian bi ci xu xia de cheng nuo

    Shun jian dian liang de huo hua, Shi wo men de yong you
    Jing jing de shou qian shou, Shi zui jian dan de meng

    Fungsi Trigonometri | Nilai Fungsi Trigonometri

    Fungsi trigonometri | Nilai fungsi Trigonometri. Fungsi trigonometri adalah suatu fungsi dalam matematika yang digunakan untuk melakukan perhitungan terhadap suatu sudut. Fungsi dasar trigonometri meliputi sinus, cosinus, dan tangen. Fungsi trigonometri memiliki Nilai, yang disebut nilai fungsi trigonometri. Secara umum nilai fungsi trigonometri terdiri dari 2 bagian, yaitu:

    Nilai Fungsi Trigonometri

    1. Nilai fungsi Trigonometri untuk Sudut IstimewaTabel Nilai trigonometri

    Untuk menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa digunakan konsep geometri dengan menggunakan teorema pythagoras. Sudut istimewa adalah sudut yang besarnya 0, 30, 45, 60, dan 90 derajat. Pada suatu segitiga yang memiliki sudut istimewa, nilai ketiga sudut jika dijumlahkan adalah 180o. Untuk mengetahui nilai fungsi trigonometri sudut istimewa, lihat tabel di bawah ini:

    2. Nilai fungsi Trigonometri untuk sudut lain

    Sudut di luar sudut istimewa disebut sudut tidak istimewa atau sudut lainnya. Untuk menentukan nilai fungsi trigonometri sudut lainnya harus menggunakan tabel atau kalkulator khusus yang digunakan untuk perhitungan ilmiah yang dikenal dengan istilah scientific kalkulator.

    Pengertian dan Definisi Trigonometri

    Pengertian dan definisi Trigonometri. Trigonometri adalah bagian dari ilmu matematika yang mempelajari relasi antara sudut dan sisi sebuah segitiga. Trigonometri adalah suatu konsep dalam matematika yang memungkinkan kita menghitung dan memperoleh nilai dari suatu benda tanpa kita perlu melakukan pengukuran secara manual. Trigonometri sangat penting dalam kehidupan kita. sebagian besar pengukuran yang tidak bisa dilakukan secara manual dapat di lakukan dengan menggunakan konsep dan fungsi trigonometri.

    Aplikasi ilmu trigonometri dalam kehidupan tersebar di segala bidang. Dari bidang sains, ekonomi, astronomi, seni musik, geografi, elektronik, medical, teknik, dan masih banyak lagi. Dengan trigonometri kita bisa mengukur jarak suatu bintang diangkasa tanpa harus pergi kesana. Dengan trigonometri kita bisa mengukur lebar suatu sungai tanpa harus menyeberanginya.

    Dasar yang diperlukan dalam mempelajari trigonometri adalah pengetahuan dan pemahaman tentang sebuah segitiga.  Trigonometri adalah rumus dan fungsi-fungsi yang berkenaan dengan segitiga.  Tujuan utama mempelajari trigonometri dalam ilmu matematika adalah untuk menemukan nilai sebuah sudut atau panjang sisi sebuah segitiga.

    Para siswa biasanya mengenal trigonometri secara sederhana melalui fungsi-fungsi trigonometri yang umum seperti sinus, cosinus, tangen, coses, sec, dan cotangen.