Buku Materi Sekolah

Loading...

Asal Kata Virus

Loading...

Asal kata virus. Virus berasal dari kata Virion yang artinya racun dan virulae yang artinya menular. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa latin yang paling sesuai untuk mendeskripsikan apa itu virus. Karena virus selain beracun untuk organisme lain juga sangat mudah di tularkan. Virus pertama kali di temukan pada tahun 1883. Tapi saat itu belum ada yang tahu bahwa organisme yang menimbulkan kelainan pada daun tembakau adalah virus. Tetapi banyak ilmuwan yang telaha bekerja keras untuk menelitinya, hingga pada tahun 1935, ilmuwan Amerika, Wendell M. Stanlye, berhasil mengkristalkan makhluk hidup yang menyerang tanaman tambakau. Hasil penelitian tersebut menjawab pertanyaan tentang makhluk apa yang menyebabkan penyakit tersebut. Makhluk hidup tersebut kemudian dinamakan TMV (Tobacco Mosaic Virus) atau Virus Mosaik Tembakau.

Pengertian Virus

Virus merupakan substansi aseluler (tidak memiliki komponen sel), karena hanya memiliki kapsid (selubung yang berfungsi sebagai dinding) dan asam nukleat, tetapi tidak memiliki inti sel, sitoplasma, dan membran sel. Ukuran virus sangat kecil, sehingga disebut juga mikroba atau mikroorganisme. Di dalam biologi, virus dipelajari lebih mendalam pada cabang ilmu mikrobiologi atau lebih khusus lagi disebut virologi. Berbagai penyakit juga disebabkan oleh aktivitas virus. Umumnya penyakit akibat virus ini lebih susah untuk diatasi. Oleh karena itu, perhatian manusia terhadap virus semakin besar setelah ditemukannya berbagai penyakit yang aneh dan belum pernah ditemukan sebelumnya. Parahnya, sesuai dengan namanya, virus-virus ini sangat mudah menular. Sehingga dapat segera menjadi wabah.

Banyak perdebatan tentang virus. Ada yang memasukan virus sebagai benda mati, karena dalam kondisi bebas tidak mempunyai aktivitas kehidupan. Tetapi begitu menginfeksi sel organisme, 'benda mati' ini mampu mengambil alih aktivitas sel tersebut dan mereplikasi diri sehingga terbentuk virus-virus baru. Karena mempunyai kedua sifat ini, virus di kategorikan sebagai organisme peralihan, yaitu antara benda mati dan makhluk hidup. Dalam menginfeksi sel, virus memiliki suatu mekanisme yang di sebut mekanisme  kunci dan gembok. Virus hanya akan menginfeksi sel yang mempunyai protein yang sama dengannya.

Virus hidup sebagai parasit obligat (parasit sejati). Tempat hidupnya di dalam jaringan tubuh organisme lain seperti tubuh manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Organisme yang menjadi tempat hidup virus di sebut inang atau hospes. Dalam sel inang, virus akan berreproduksi.  Untuk reproduksinya virus hanya memerlukan asam nukleat. Proses reproduksi virus disebut repli kasi (penggandaan diri tubuh virus). Proses replikasi virus terjadi semenjak menempel pada sel inang hingga terbentuk virus baru terjadi melalui 2 siklus. Yaitu siklus litik dan siklus lisogenik.

Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus, diantaranya:

  • Flu
  • HIV / Aids
  • Cacar
  • TBC
  • Hepatitis, dll
Loading...
Bagikan :
Loading...
Loading...
Back To Top