PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Mengenal Tanaman Bambu | Budidaya dan Prospek Bisnis

Mengenal Tanaman Bambu | Budidaya dan Prospek Bisnis. Bambu adalah tanaman yang serba guna no 2 setelah pohon   kelapa (Nyiur).  Hampir semua bagian dari tanaman bambu bisa di manfaatkan. Dari akar bambu, batang bambu, daun bambu bahkan tunas bambu (rebung) semua mempunyai kegunaan sendiri-sendiri.IMG0009A
  • Akar bambu dapat berfungsi sebagai penahan erosi dan mencegah tanah longsor.
  • Batang bambu adalah bagian yang paling banyak kegunaanya, antara lain: sebagai bahan bangunan (tiang, dinding,lantai, atap dll), sebagai bahan kerajinan anyaman, alat musik, bahan mebel, bahan baku pembuat kertas, sumpit, dll.
  • Daun bambu berguna untuk membungkus makanan dan bahan obat-obatan.
  • Tunas muda bambu (rebung) dapat di konsumsi sebagai bahan makanan (isi lumpia, sayur rebung, dll)
Sebagai tanaman yang mempunyai banyak kegunaan dan multi fungsi, budidaya bambu mempunyai prospek bisnis yang sangat cerah.  Ditambah lagi tanaman bambu ini dapat tumbuh di mana saja, baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi, baik dalam iklim basah maupun iklim kering, tanaman bambu dapat dengan mudah di budidayakan.
Di indonesia, tanaman bambu sudah sangat terkenal dan memasyarakat dan pemanfaatannyapun sudah berlangsung sejak zaman dahulu kala. Namun begitu bukan semua orang mengenal tanaman bambu dan mengetahui cara budidaya dan prospek bisnisnya.  Karena itu dalam kesempatan ini, Kamus q ini berbagi sedikit pengetahuan tentang bambu yang meliputi:
1. Mengenal tanaman bambu
2. Cara budidaya tanaman bambu
3. Pengolahan dan pemanfaatan tanaman bambu
Comments
0 Comments

0 comments: