Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Listrik dan Elektronika | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Listrik dan Elektronika. Listrik adalah salah satu bentuk energi yang ditimbulkan oleh gerak partikel-partikel bermuatan yang disebut elektron. Elektronika adalah ilmu yang mempelajari tentang listrik dan elektron serta alat-alat yang berhubungan dengannya. Listrik dan elektronika merupakan cabang dari ilmu fisika yang termasuk dalam bidang ilmu terapan.

Hampir semua alat bantu pendukung hidup manusia berhubungan dengan listrik. Dari radio hingga komputer, dari pemanas ruangan dan alat penerang semua membutuhkan listrik untuk bisa digunakan. Bahkan mesin kendaraan yang dihidupkan oleh hasil pembakaran internal nonelektronik bergantung pada listrik untuk memercikan api dari busi dan untuk menghidupkan alat kontrol pengendali. Bisa dibilang, kehidupan manusia tidak dapat di pisahkan dari listrik.

Listrik dapat dihasilkan dari berbagai macam sumber dan diubah dalam berbagai bentuk. Pada umumnya listrik dihasilkan dari generator yang lazim di jumpai di stasiun pembangkit listrik, baik pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), kesemuanya memerlukan generator sebagai alat penghasil listriknya. Namun begitu, listrik juga dapat dihasilkan melalui reaksi kimia yang terjadi didalam baterai atau dari aksi cahaya pada elemen fotosel.

Melihat begitu pentingnya listrik bagi kesejahteraan manusia maka listrik dan kelistrikan di pelajari secara spesifik di institusi pendidikan dari tingkat sekolahdasar hingga menengag bahkan sampai universitas. Bahkan ada politeknik khusus yang mempelajari tentang kelistrikan yaitu politeknik elektronika. Secara umum pendidikan tentang listrik dan kelistrikan dipelajari dalam satu studi yang tercangkup dalam bidang teknik listrik. Dimana teknik listrik ini secara khusus di bagi ke dalam 7 area apesifikasi yaitu:
  1. Teknik tenaga listrik
  2. Teknik elektronika
  3. Teknik elektromagnetik
  4. Teknik komunikasi
  5. Teknik komputer
  6. Teknik rekayasa sitem
  7. Teknik kendali
Pembagian ini didsarkan kepada kegunaan utama listrik dan kelistrikan yaitu sebagai sumber tenaga dan sebagai sarana untuk mengirinkan informasi.
loading...
Bagikan :
Back To Top