PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Kaidah Tangan Kanan Fleming | Notasi Vektor dan Generator listrik

Kaidah tangan kanan Fleming adalah sebuah kaidah  yang digunakan untuk menunjukan arah arus listrik dan memahami notasi vektor dalam bangun tiga dimensi. Kaidah tangan kanan ini merupakan cerminan atau mnemonik dari kaidah tangan kiri fleming di bidang elektromagnetik atau motor listrik.

Kaidah tangan kanan Fleming dalam Notasi Vektor

kaidah tangan kanan Salah satu bentuk dari kaidah tangan kanan digunakan dalam situasi di mana operasi pengurutan harus dilakukan pada dua vektor, yaitu a dan b yang hasilnya berupa vektor c yang tegak lurus dengan a dan b. Contoh yang paling umum adalah perkalian vektor. Kaidah tangan kanan menerapkan prosedur berikut untuk memilih satu dari dua arah.
 \vec{a} \times \vec{b} = \vec{c} 
Dengan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah di sudut tegak lurus satu sama lain (dengan jari telunjuk mengarah lurus), jari tengah menunjuk ke arah c sedangkan ibu jari mewakili a dan jari telunjuk mewakili b.
Penggunaan jari lainnya yang setara juga memungkinkan. Contohnya, jari pertama (telunjuk) dapat mewakili a, vektor pertama dalam perkalian; jari kedua (jari tengah) sebagai b, vektor yang kedua; dan jempol sebagakaidah tangan kanan flemingi c, adalah hasilnya.

Kaidah tangan kanan Fleming dalam Generator Listrik

Kaidah tangan kanan dalam prinsip generator listrik didasarkan pada fakta bahwa dalam sebuah generator listrik, gerakan dan medan magnet yang ada, mengarah pada penciptaan arus listrik.  Generator listrik menggunakan prinsip induksi elektromagnetik untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Dalam kaidah tangan kanan untuk induksi magnetik ditemukan fakta bahwa jika ibu jari menunjukan arah kumparan, dan telunjuk merupakan arah medan magnet maka jari tengah menunjukan arah arus.
Comments
0 Comments

0 comments: