Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Fungsi Fluorin | Manfaat dan Kegunaan unsur Halogen

Manfaat dan kegunaan unsur halogen Fluorin. Fluorin menempati posisi teratas pada tabel unsur periodik golongan VIIA. Berdasarkan posisinya itu dapat diketahui bahwa fluorin merupakan unsur yang paling reakstif diantara semua unsur halogen yang lain. Fluorin sebagai salah satu unsur halogen juga bersifat racun dan iritasi jika terkena kulit, namun begitu karena fluroin dalam bentu senyawa mempunyai banyak manfaat dan kegunaa maka penanganan fluorin tetap dilakukan meski dengan sangat hati-hati sekali. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan Fluorin

Manfaat dan Kegunaan unsur halogen Fluorin

1.Fungsi fluorin dalam bentuk  Asam Hidrofluorik (HF) digunakan untuk mengukir dan membuat sketsa di kaca, dalam lampu mentol dll.
2. Unsur Halogen Fluorin dalam bentuk Natrium heksafluoroksilikat ( Na2SiF6 ) digunakan untuk bahan campuran pasta gigi.
3. Manfaat fluorin dalam bentuk Natrium fluorida ( NaF ) digunakan untuk mengawetkan kayu serta sebagai racun serangga. 4. Manfaat Fluorin dalam bentuk Belerang hexafluorida ( SF6 ) digunakan sebagai insulator.
5. Kegunaan Fluorin dalam bentuk Kriolit ( Na3AlF6 ) dimanfaatkan sebagai bahan pelarut dalam pengolahan bahan alumunium.
6. Fluorin dalam bentuk Fluoroklorohidrokarbon (FCHC) pernah digunakan sebagai pendingin dan penyaman udara. namun kini telah dilarang penggunaanya karena mempunyai efek rumah kaca yang kuat.
7. Unsur halogen Fluorin dalam bentuk sevofluran, desfluran, isofluran digunakan untuk bahan anestesi atau pembiusan.
8. Unsur halogen Fluorin dalam bentuk radio isotop 18F dapat memancarkan positron, sehingga sering digunakan dalam tomografi pancaran positron.

loading...
Bagikan :
Back To Top