Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Type Gempa Bumi | Tipe-tipe Gempa

Type Gempa Bumi. Pada suatu peristiwa gempa bumi, biasanya ada yang disebut gempa pendahuluan ataupun gempa susulan. Adanya gempa pendahuluan atau gempa susulan ini dapat menjadi penunjuk tipe gempa bumi apa yang terjadi di suatu wilayah. Berdasarkan penelitian ini kemudia di temukan 3 tipe gempa menurut metodee Mogi, yaitu:

Tipe-tipe Gempa Bumi

Secara umum, di kenal tiga type gempa bumi, yaitu:

1. Type I
Pada gempa bumi tipe 1, peristiwa gempa bumi utama tidak didahului oleh gempa pendahuluan (fore shock), tetapi diikuti oleh gempa susulan.

2. Type II
Pada gempa bumi tipe 2, sebelum terjadi gempa bumi utama, selalu diawali dengan adanya gempa pendahuluan dan  diikuti oleh gempa susulan yang cukup banyak.

3. Type III
Pada peristiwa gempa bumi tipe 3 disebut juga tipe gempa bumi swarn. Pada gempa bumi tipe ini, tidak terdapat gempa bumi utama. Magnitude dan jumlah gempabumi yang terjadi besar pada periode awal dan berkurang pada periode akhir dan biasanya dapat berlangsung cukup lama dan bisa mencapai 3 bulan. Tipe gempa ini biasanya terjadi pada daerah vulkanik seperti gempa gunung Lawu pada tahun 1979.

loading...
Bagikan :
Back To Top