Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

MAHKOTA DEWA

google.com
Mahkota dewa (Phaleria Macrocarpa) adalah  salah satu tanaman  yang asalnya di perkirakan dari daerah Papua, Irian Jaya. Tanaman ini bisa tumbuh di mana saja dalam berbagai jenis tanah, baik yg subur maupun tak subur pada ketinggian antara 10-1200m di atas permukaan laut. Biasa di tanam sebagai tumbuhan peneduh dengan ketingian yang hanya sekitar 2-3 meter, berdaun tunggal yang saling berseberangan, beranting pendek dan berbunga sepanjang tahun.  Bunganya kecil berwarna putih dan harum. Buah berdiameter antara 3-5 cm, berwarna hijau  dan menjadi merah jika masak.  Daging buah berwarna putih, berserat dan berair. Biji berbentuk bulat, keras dan berwarna coklat. Tanaman ini berkembang biak dengan batang dan biji.

Buah mahkota dewa boleh di makan mentah atau di olah dulu seperti di keringkan atau di rebus.  Menurut banyak sumber, tanaman ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan dari yang ringan hingga yang berat.  Seperti flu, sakit kepala, diabetes, kanker, liver, hepatitis, dara tinggi dll.
Mahkota dewa terkenal sebagai tanaman  yang serbaguna. Semua bagian tanaman bisa di manfaatkan sebagai bahan perubatan. Dari akar sampai buah bisa di manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit. Menurut hasil penelitian tanaman ini mengandung bahan-bahan Alkaloid, flavanoid, saponin, polyphenol yang antara lain berfungsi sebagai analgesic, anti-bakteria, anti histamin, anti inflamasi, anti oksidan, penurun kadar gula dalam darah dsb.

Produk yang sedang marak di pasaran yang berasal dari tanaman ini adalah dalam bentuk minuman yaitu teh Mahkota Dewa. info lebih lanjut tentang khasiat teh mahkota dewa ini  di.... Teh Mahkota Dewa
loading...
Bagikan :
Back To Top