Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Orang Jawa dan Bahasa Jawa

Seorang Melayu Malaysia pernah berkata bahwa orang jawa atau Jawi di Malaysia adalah orang kampung yang masih kolot dan ketinggalan zaman yang cara berhitungnya adalah Siji, Loro, Telu..... What a surprise? Orang Jawa tersebar di seluruh dunia...ternyata ada yang tersasar ke Malaysia juga. Tapi untunglah mereka masih bisa berhitung mengunakan bahasa Jawa yang artinya bahasa leluhur masih di lestarikan. Tapi sayangnya itu adalah bahasa Ngoko, akan lebih baik lagi jika seandainya yang terlestarikan adalah bahasa Kromo Inggil yang jelas mencerminkan Citra orang Jawanya. Di kalangan Suku Jawa, seseorang tidak akan di akui keberadaannya sehingga dia bisa berbahasa Kromo Inggil.

Dalam bahasa Jawa ada 2 tingkatan. Jawa Ngoko dan Kromo Inggil. Jawa Ngoko adalah bahasa keseharian yang di gunakan di mana sja, antara teman dan rekan-rekan sebaya. Sementara bahasa Krama Inggil di gunakan untuk orang tua dan orang2 terhormat. Dalam tradisi Jawa, budi pekerti orang di lihat dari caranya berbicara. Mereka yang berbicara menggunakan Krama Inggil lebih di hormati dan di hargai daripada mereka yang mengunakan bahasa Ngoko. Tapi masalahnya, yang menggunakan bahasa Kromo Inggil ini dari kalangan terbatas, para Priyayi dan orang2 berpendidikan yang menghargai budaya berbahasa sebagai salah satu unsur Budi Pekerti. Seperti umumnya perkembangan bahasa, yang sering di gunakan akan berkembang dan yang jarang akan terlupa. Salah satunya adalah bahasa Krama Inggil ini.

Siji, loro, telu...adalah cara berhitung kebanyakan orang jawa mengunakan bahasa Ngoko. Sementara bahasa Kromo Inggilnya adalah Setunggal, Kale, Tigo, Sekawan, Gangsal etc.

Kalau orang Jawa Malaysia hidup di kampung dan hanya bisa Siji, Loro, Telu..... maka orang Jawa Indonesia pun hidup di kampung tapi bukan hanya bisa Siji, Loro, Telu.. tapi juga setunggal, Kale, Tigo..etc, One Two, Three,..etc Ie, Ek, San, Se...etc... dsb..dsb..dsb..

Karakter, moralitas dan Pola pikir seseorang itu tergantung komunitasnya, kelakuan seseorang itu di pengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal dan cara berpikir serta pemahaman terhadap suatu masalah di pengaruhi oleh tingkat pendidikannya....  ?????
loading...
Bagikan :
Back To Top