Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Paseban


Paseban adalah salah satu pantai yang letaknya di pesisir selatan pulau jawa masuk dalam wilayah kecamatan Kencong-Jember di propinsi Jawa Timur. Kencong is my grand ma's home town.

Di Jember khususnya bagi mereka yang hidup di daerah pesisir, ada tradisi special yang berlangsung setiap kali lebaran. Yaitu pada lebaran ke 7, para penduduk akan berduyun-duyun pergi ke pantai.
 Tidak tahu pasti alasannya tapi karena sudah menjadi tradisi yang di ikuti saja. Dan lagi sangat menyenangkan pergi ke pantai beramai-ramai. JArang ada kesempatan seperti ini, kecuali di hari lebaran.

Dulu ada rumor yang mengatakan tujuannya adalah untuk menyambangi nyi Roro kidul. Maklum, Paseban yang letaknya di laut selatan ini juga termasuk dalam wilayah kekuasaannya, katanya lho..percaya atau tidak ya...terserah. Tapi yang jelas, salah satu ritual yang pernah ada adalah melempar ketupat ke laut. Pernah ada maksudnya dulu, sekarang daripada di lempar ke laut, di pakai sebagai bekal aja.

Ke PAseban yang paling tepat adalah saat sore hari menjelang sena. Selain cuacanya yang redup, pemandanganya juga sangat indah. Tiada saat yang lebih indah dan mempesona selain melihat matahari terbenam di ufuk.



loading...
Bagikan :
Back To Top