Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Asal kata Tsunami

Tsunami berasal dari kata Soo Nah Mee yang berasal dari bahasa Jepang. Tsu mempunyai arti kata teluk atau pelabuhan sementara nami artinya gelombang besar. Secara harfiah Tsunami berarti gelombang besar yang melanda pelabuhan. Jepang adalah negara yang rawan gempa sehingga sering sekali dilanda tsunami meski tidak sebesar tsunami yang terjadi pada tanggal 11 Maret 2011 yang baru lalu.

Tsunami biasanya di picu oleh gempa bumi yang terjadi di dasar laut dengan hipesentum yang dangkal.  Hingga saat ini tidak ada yang dapat meramal, mencegah ataupun menghentikan gelombang tsunami karena kekuatannya yang sangat dahsyat.

Sebuah gelombang tsunami dapat mencapai panjang hingga 150 kilometer dengan kecepatan gelombang 800 kilometer perjam. Begitu mendekati garis pantai, kecepatan gelombang menurun secara dratis namun ketinggiannya bertambah hingga puluhan meter. Karena bentangannya yang sangat luas jarak antara gelombang pertama dan gelombang susulan sangat lama bahkan bisa mencapai puluhan menit hinga sejam. Dari pengalaman, gelombang susulan inilah yang sebetulnya paling berbahaya.


Berdasarkan karakteristiknya gelombang laut dibedakan menjadi 4
1. Storm Surge, yaitu gelombang pasang yang dibangkitkan oleh angin
2. Ombak, adalah alun gelombang yang disebabkan oleh badai
3. Pasang surut, adalah gelombang diam disekitar teluk yang biasanya dipengaruhi oleh gravitasi bulan dan matahari
4. Tsunami, yaitu gelombang pasang yang disebabkan oleh gempa tektonik yang terjadi didasar laut.

loading...
Bagikan :
Back To Top