Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Arti kata Sontoloyo

Sejak dulu, meskipun sering kali mendengar dan mengucapkan kata Sontoloyo, saya sama sekali tidak tahu apa arti kata Sontoloyo sebenarnya. Yang saya tahu, kata Sontoloyo selalu di ucapkan dengan nada mengejek atau mencemooh seseorang karena perbuatannya yang ekstraordinari atau di luar dugaan dan pasti mempunyai konotasi negatif. Seperti... "Ya ampun... kamu kok kayak Sontoloyo..." atau 'Kamu kok Sontoloyo sekali sih....!"

Saat berblogwalking hari ini sambil membuka buku pelajaran bahasa jawa mencari istilah tentang nama-nama profesi dalam bahasa jawa saya menemukan bahwa arti kata Sontoloyo itu sebenarnya sangat sederhana dan merupakan nama sebuah profesi.  Dalam bahasa jawa Sontoloyo artinya penggembala bebek atau itik. Mengembala Itik atau bebek kalau di jawa posisinya di belakang rombongan bebek. Biasanya si Sontoloyo ini memaki caping dan tongkat tipis serta seringkali berteriak-teriak untuk mengagetkan bebeknya yang berjalan lambat.

Arti kata Sontoloyo yang diluar perkiraan saya ini sempat membuat saya tertegun. Ternyata sebagai orang jawa saya tidak benar-benar Njawani sampai tidak tahu kalau Sontoloyo itu adalah nama sebuah profesi. Profesi seorang pengembala Itik. Karena para pengembala itik atau bebek ini suka berteriak-teriak seperti orang gila saat mengembala bebeknya, mungkin dari sinilah munculnya istila Sontoloyo sebagai kata cemoohan.  :)
loading...
Bagikan :
Back To Top