Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Hukum Mendel kedua (2) | Hukum Asortasi bebas |Hukum Bebas berpasangan

Hukum Mendel kedua (2) disebut juga Hukum  berpasangan bebas atau Hukum Asortasi bebas atau Hukum Independent Assortment.  Jika hukum mendel 1 didasarkan pada pemisahan gen (Segregasi) maka hukum mendel 2 ini berdasarkan pada berpasanga bebas. Yang maksudnya adalah: “bila dua individu mempunyai dua pasang atau lebih sifat, maka diturunkannya sepasang sifat secara bebas, tidak bergantung pada pasangan sifat yang lain. Dengan kata lain, alel dengan gen sifat yang berbeda tidak saling memengaruhi. Hal ini menjelaskan bahwa gen yang menentukan e.g. tinggi tanaman dengan warna bunga suatu tanaman, tidak saling memengaruhi.

Hukum Mendel 2 atau Hukum Berpasangan bebas mempunyai tiga konsep dasar, yaitu:
  1. Konsep Backcross dan Testcross
    Backcross (silang balik) adalah langkah silang antara F1 dengan salah satu induknya.
  2. F1     x    salah satu induk (P)
    Testcros (uji silang) adalah persilangan antara suatu individu yang genotifnya belum diketahui dengan individu yang telah diketahui bergenotif homozigot resesif. Gunanya untuk mengetahui apakah genotif suatu individu tersebut homozigot ataukah heterozigot. ?  
  3. x    homozigot resesif
    Persilangan Resiprok
    Persilangan resiprok adalah suatu persilangan dimana sifat induk jantan dan betina bila dibolak-balik/dipertukarkan tetapi tetap menghasilkan keturunan yang sama.
Hukum mendel 2 atau hukum bebas berpasangan (berpasangan bebas ) atau Hukum Segregation memberi kesempatan pada kita untuk mendapatkan tanaman yang bersifat unggul.
loading...
Bagikan :
Back To Top