Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Khasiat dan Manfaat tanaman Bangle | Tanaman Obat Indonesia

Khasiat dan Manfaat tanaman Bangle. Bangle adalah salah satu tanaman obat yang tumbuh hampir disemua daerah di Indonesia. Bangle atau Padhiyang atau Panglay dalam biologi dikenal dengan nama ilmiah Zingiber Cassummunar roxb.  Bangle merupakan tanaman obat yang memiliki banyak khasiat dan manfaat, diantaranya adalah untuk obat sakit perut, asma, dll.

Khasiat dan manfaat tanaman Bangle antara lain:

1. Untuk obat sakit perut :
Bangle berkhasiat untuk mengobati sakit perut. Caranya: Bagian tanaman yang digunakan adalah daunnya. Setelah dibersihkan dengan dicuci rebus sampai mendidh selama  1/4  dengan ditambahkan merica. Saring dan ambil airnya untuk diminum.

2. Sakit Asma, Sakit reumatik dan Cacingan
Untuk mengobati sakit Asma, reumatik dan cacingan, caranya adalah dengan menggunakan rimpang bangle. Setelah dibersihkan dengan dicuci terlebih dahulu, rebus dengan air sampai mendidih selama setengah jam. Saring dan ambilah airnya untuk diminum.

3. Demam
Bangle juga berkhasiat untuk mengobati deman. Caranya : Cuci dan bersihkan rimpang bangle, lalu tumbuk rimpang tersebut dan gunakan sebagai kompres.

4. Sebagai peluruh lemak / pelangsing 
Bengle berkhasiat untuk melangsingkan badan. Caranya: Ambil 1/2 jari rimpang bengle. Cuci terlebih dahulu. Kemudian parut dan tambahkan dengan temu hitam tambahkan pula 1 sendok makan air jeruk nipis, juga 2 sendok makan madu aduk hingga merata kemudian peras dan ambil airnya, minum 2 – 3 kali sehari.

Dengan banyaknya khasiat dan manfaat tanaman bangle, maka sangat dianjurkan untuk menanam tanaman obat ini di pekarangan rumah sebagai bagian dari apotik hidup.
loading...
Bagikan :
Back To Top