Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Baterai laptop Metanol DMFC

Baterai Laptop Metanol DMFC. Baterai Metanol DMFC (Direct Methanol Fuel Cell) merupakan solusi yang tepat untuk baterai metanol DMFC efisiensi kerja laptop. Selain daya tahannya yang melebihi 10 jam dan yang paling penting adalah baterai metanol tidak memerlukan arus listrik untuk isi ulangnya. Jadi bisa menghemat energi dan bisa di gunakan dimana saja, bahkan di wilayah yang belum terjangkau energi listrik (?).

Baterai metanol (DMFC) bekerja dengan cara mengubah metanol menjadi energi listrik sehingga mampu menjadi pengerak bagi peralatan elektronika. Komponen dasar dari sel bahan bakar ini adalah dua buah elektroda (katoda dan anoda) yang dipisahkan oleh sebuah membran. Katoda langsung bertindak sebagai katalis (elektrokatalis) yang mempercepat terjadinya reaksi perubahan metanol di anoda. Katalis yang biasanya digunakan adalah Platina (Pt). Pada anoda metanol dan air diinjeksikan ke dalam batch reaksi dengan kecepatan konstan. Tumbukan dengan katalis membantu terjadi reaksi konversi metanol secara katalitik menjadi proton, CO2 dan elektron. Gas CO2 di keluarkan dari sistem sementara proton bergerak menyeberangi membran menuju katoda yang kemudian bereaksi dengan oksigen menghasilkan air.

Tumpukan elektron di anoda menghasilkan beda potensial yang memaksa elektron dari reaksi konversi tersebut mengalir dalam sebuah sirkuit arus, dipakai sebagai arus searah oleh peralatan elektronik, kemudian sampai di katoda sehingga menyempurnakan reaksi pembentukan molekul air. Jelas terlihat di sini, limbah yang dihasilkan dari bahan bakar ini adalah air dan gas CO2 dalam jumlah yang kecil.

Reaksi yang terjadi dalam satu unit sel metanol dapat menghasilkan listrik 0,3-0,9 volt. Padahal satu baterai metanol terdiri dari beberapa unit dapat dibayangkan berapa besar energi yang dihasilkan. Karena itu banyak sekali produsen barang-baranng Hi-tech yang beralih menggunakan baterai metanol DMFC (Direct Metanol Fuel Sell) sebagai sumber pecatu dayanya.
loading...
Bagikan :
Back To Top