Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Seputar Indonesia | Mengenal Indonesia

Mengenal Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia yang membentang disekitar sperdelapan kelilikg bumi. Jumlah pulau yang dimiliki Indonesia kurang lebih 17.504 buah. Diantara sekian ribu pulau tersebut ada 5 pulau utama, yaitu Sumatra, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, dan Irian Jaya.

Secara Geografis, Indonesia terletak pada posisi silang karena diapit oleh dua benua dan dua samudra, yaitu: benua Australia dan benua Asia serta samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Secara astronomis, Indonesia terletak pada 6oLU – 11oLS dan 95oBT – 141oBT. Indonesia terbentang dari barat ke timur sepanjang garis khatulistiwa sejauh 5.110 km, dan membentang dari utara ke selatan sepanjang garismedien sejauh 1.880 km.

Indonesia terdiri dari laut dan daratan, dengan wilayah kelautan yang mencapai 2/3 dari luas keseluruhan Indonesia yang membuatnya di kenal sebagai negara Bahari. Karena sebagian besar penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani, dan sebagian besar luas daratan di manfaatkan sebagai lahan pertanian, maka Indonesia di kenal juga sebagai negara Agraris.

Sebagai negara yang berdaulat, Indonesia memerdekakan diri dari kekuasaan penjajah dan memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Proklamator Indonesia yang kemudian menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia adalah Soekarno dan Hatta.

loading...
Bagikan :
Back To Top