Buku Materi Sekolah

loading...

Fosil Sebagai Bukti Teori Evolusi

Fosil sebagai bukti Evolusi.  Fosil merupakan salah satu bukti Evolusi makhluk hidup. Evolusi adalah proses perubahan makhluk hidup secara lambat. Karena Evolusi berlangsung dalam kurun waktu yang sangat lama, maka sangat susah untuk membuktikan kebenaran teori Evolusi. Karena itu diperlukan pembuktian secara tidak langsung yaitu melalui fosil hewan.

Fosil adalah kerangka hewan atau sisa-sisa tumbuhan dari zaman purba yang telah membatu. Fosil biasanya ditemukan didalam lapisan tanah dan bebatuan. Ada fosil yang ditemukan secara tidak sengaja melalui penggalian, ada juga yang muncul begitu saja di permukaan tanah akibat erosi ataupun abrasi. Dari fosil beberapa spesies yang ditemukan pada lingkungan yang sama namun pada masa yang berbeda,  ditemukan adanya perubahan struktur tubuh secara teratur dan berangsur-angsur. Fosil inilah yang kemudian menjadi bukti adanya evolusi.

Darwin sebagai bapak Evolusi menggunakan fosil paruh burung Finch sebagai dasar teorinya. Sedangkan Lamarck menggunakan perubahan pada leher jerapah untuk mendukung hasil penemuanya. Perubahan pada paruh burung Finch dan perpanjangan leher jerapah hanya bisa dilihat jika ditemukan fosilnya. Dengan begini, maka fosil  merupakan satu-satunya cara untuk membuktikan teori evolusi.

loading...
Bagikan :
Back To Top