Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Jumlah Kromoson Manusia

Jumlah Kromosom Manusia. Manusia memiliki jumlah kromosom 46 buah. 46 kromosom itu terdiri dari 44 kromosom tubuh dan 2 kromosom kelamin (XY atau XX) sehingga jumlahnya menjadi 46.  46 kromoson tersebut berasal dari induk jantan dan induk betina. Pada proses pembuatan anak, masing-masing indukan menyumbangkan setengah dari jumlah kromosom yang dimilikinya, yaitu 22 kromosom tubuh dan 1 kromosom kelamin sehingga jumlahnya menjadi 23.

Kromosom terdiri dari dua jenis yaitu AUTOSOM dan GONOSOM. Autosom adalah kromosom tubuh, sedangkan Gonosom adalah kromosom kelamin. Kedua jenis kromosom ini berperan dalam pewarisan sifat turunan. Tapi hanya gonosam saja yang berperan dalam menentukan jenis kelamin. Gonosom terdiri dari 2 tipe yaitu tipe XX yang merupakan kromosom wanita dan XY yang merupakan kromosom pria. Karena itu dalam proses pembuatan keturunan, peluang untuk memiliki anak laki-laki dan anak perempuan adalah 50:50. Dan individu yang bertanggung jawab menentukan jenis kelamin keturunannya adalah pihak laki-laki.

Rumus kromosom manusia, dituliskan sebagai berikut:

~Untuk Manusia Laki-laki formulanya adalah 46, XY atau 46 + XY
~Untuk Manusia Perempuan formulanya adalah 46, XX atau 46 + XY

Dari hasil penelitian diketahui bahwa  kromosom manusia semua berbentuk metasentris, kromosom kelaminnya berada pada ukuran besar kedua dan ketiga serta dibedakan kedalam 7 kelompok kromosom berdasarkan bentuk dan ukuran panjangnya.

loading...
Bagikan :
Back To Top