Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Morgana Le Fay - Faye Le Morgana | Asal usul Istilah Fatamorgana


Morgana Le Fay atau Faye Le Morgana adalah nama dari seorang penyihir di abad pertengahan di zaman King Arthur. Istilah Morgana Le Fay fatamorgana dalam ilmu fisika di ambil dari pengalan nama Morgana Le Fay ini. Dimana karena kemampuan sihirnya, Morgana menciptakan istana khayalan di tengah selat Messina untuk memperdaya para pelaut. Mereka yang terpedaya akan berlayar dan menemui kematiannya. Itulah asal usul istilah fatamorgana. Fatamorgana sendiri dalam konteks bahasa di definiskan sebagai  sesuatu yang bersifat khayal atau ilusi dan tidak nyata.


Menurut legenda, Morgana Le Fay lahir di abad pertengahan yang terkenal sebagai penyihir dan tabib. Morgana Le Fay juga terkenal sebagai animangus. Dia bisa bertransfigurasi menjadi burung. Konon kabarnya, Faye Le Morgana merupakan adik tiri King Arthur dan merupakan musuh bebuyutan Merlin, seorang penyihir ternama yang merupakan pembantu, penasehat dan orang kepercayaan Raja Arthur. Seperti saudaranya, Morgana Le Fay seorang ratu, dia berkuasa di pulau Avalon. Pulau dimana King Arthur menemui ajalnya.

Kisah tentang Morgana Le Fay tek pernah lepas dari kisah Merlin. Bahkan kemunculan spektakuler Morgana Le Fay yang paling terkenal adalah dalam film Merlin yang di bintangi oleh Sam Neil. Dalam film itu, faye Le Morgana di perankan oleh Helena Bonham Carter, yang juga merupakan pemeran dari penyihir jahat Bellatrix Lestrange dalam film Harry Potter.
loading...
Bagikan :
Back To Top