Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2013

Awal Puasa Ramadhan 2013. Hingga saat ini, awal puasa Ramadhan 2013 belum lagi di tetapkan. Sehingga sebagian besar umat Islam tanah air yang bukan beraliran Muhammadiyah masih bertanya-tanya apakah besok 9 Juli 2013, merupakan awal Awal Puasa 2013 puasa Ramadhan 2013. Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama dengan Organisasi Islam menggelar pertemuan untuk membahas penetapan awal Ramadhan 1434 Hijriyah melalui sidang Isbat.

Sebenarnya Muhammadiyah sudah jauh-jauh hari menetapkan bahwa awal puasa ramadhan 2013 jatuh pada tanggal 9 Juli 2013. Karena perhitungan Hisab bulan yang di lakukan oleh para ahli Muhammadiyah telah memperkirakan bahwa bahwa bulan pada hari Senin, 8 Juli sebenarnya sudah wujud hanya saja tidak bisa di Rukyat. Seperi hal nya tahun-tahun terdahulu setiap awal Ramadhan, Muhammadiyah akan tetap berpatokan pada hasil perhitungannya sehingga positif di tetapkan bahwa besok, 9 Juli 2013 merupakan awal puasa Ramadhan 2013 bagi umat islam Muhammadiyah se dunia.

Sedangkan untuk umat Islam yang lain, yang pelaksanaan awal puasanya berpatokan pada pengumumam pemerintah masih harus menunggu. Karena metode perhitungan awal bulan baru yang di anut pemerintah dan sebagian besar umat Islam Indoneis adalah Rukyatul Hillah, yaitu yang berpedoman pada terlihatnya hillal di ufuk. Berdasarkan kondisi tenggelamnya matahari dan umur bulan setelah Ijtimak baru 5 jam, maka dapat di prediksi bahwa, petang ini bulan tidak akan dapat di Rukyat. Jadi bisa di perkirakan, pemerintah akan menetapkan awal Ramadhan pada 10 Juli 2013.

Walau apapun artikel ini tidak bisa di jadikan patokan. Karena itu di sarankan, umat Islam Indonesia untuk menunggu pemberitahuan resmi dari hasil sidang Isbat oleh Menteri Agama RI sebagai penjabat yang berwenang. Dan bagi saudara kaum Muslimin yang akan melaksanakan puasa besok, saya ucapkan Selamat menjalankan Ibadah Puasa 2013. 

Untuk mengetahui hasil sidang Isbat penetapan awal puasa Ramadhan 2013 silah kunjungi situs-situs yang berhubungan dengan hal yangtersebut di atas:

loading...
Bagikan :
Back To Top