Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Siklus Kerja Sistem pencernaan Manusia

Siklus Kerja Sistem pencernaan Manusia. Sistem pencernaan manusia memiliki tiga siklus yang bekerja secara berkesinambungan selama 24 jam. Seperti kita ketahui, sistem pencernaan manusia mempunyai tiga tugas penting, yaitu mencerna makanan, menyerap sari-sari makanan, dan membuang sisa-sisa metabolisme. Sistem pencernaan manusia tidak pernah berhenti bekerja. Ketika tugas yang satu selesai maka di lanjutkan dengan tugas yang lain, begitu seterusnya. Setiap satu tugas yang selesai di kerjakan oleh sistem pencernaan di sebut sebagai siklus. Pada manusia yang mempunyai sistem pencernaan yang masih baik, mempunyai siklus yang bekerja pada waktu yang sama setiap harinya, yaitu:

Siklus kerja Sistem Pencernaan Manusia

Siklus kerja sistem pencernaan terdiri dari tiga bagian yang selalu berlangsung pada waktu yang sama, yaitu:

1. Siklus pertama adalah saat nya mencerna makanan, terjadi antara pukul 12.00 pm sampai 20.00 pm. Pada waktu ini merupakan saat-saat organ-organ pencernaan bekerja secara aktif. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan adalah di jam-jam sebelum ini agar makanan dapat di cerna secara baik dan sempurna.

2. Siklus kedua merupakan waktu yang tepat untuk menyerap makanan. Siklus ini berlangsung pada antara pukul 20.00 pm hingga 04.00 am. Pada jam-jam ini, sistem pencernaan bekerja untuk menyerap sari-sari makanan. Agar bisa bekerja maksimal, sebaiknya pada jam-jam seperti ini, berhenti makan. Agar kinerja menyerap makanan dapat berjalan dengan baik.

3. Siklus ketiga merupakan waktu pembuangan. Siklus ini berlangsung dari pukul 04.00 am sampai pukul 12.00 pm. Pada waktu ini merupakan saat untuk membuang sisa-sisa metabolisme keluar dari tubuh. Pada proses ini memerlukan energi yang sangat banyak. Demi menjaga agar kebutuhan energi tercapai, pada jam-jam seperti ini adalah saat yang tepat untuk mengkonsumsi makanan. Karena itu pada seseorang yang sistem pencernaanya normal, setiap pagi akan terbiasa untuk buang air besar. Dan untuk menjaga kesehatan para ahi medis juga menyarankan agar bersarapan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas, 

loading...
Bagikan :
Back To Top