Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Saluran Reproduksi Perempuan

Saluran Reproduksi Perempuan. Saluran peproduksi perempuan lebih rumit dari pada saluran reproduksi laki-laki. Karena perempuan harus memproduksi telur, mengandung dan melahirkan. Sehingga saluran reproduksinya lebih kompleks. Saluran reproduksi perempuan terdiri dari 3 bagian yaitu:

Macam-macam Saluran Reproduksi Perempuan

1. Oviduk

Oviduk adalah istilah lain dari tuba Fallopi atau saluran telur. Oviduk berfungsi untuk menyalurkan sel telur ke rahim dan tempat berlangsungnya fertilisasi atau pembuahan. Oviduk berjumlah sepasang, satu di kiri dan satu di kanan. Oviduk memiliki mulut yang berbentuk seperti corong yang memiliki rumbai-rumbai yang disebut fimbria. Fungsi Fimbria adalah untuk menangkap sel telur yang telah matang dan lepas dari ovarium.

2. Uterus

Uterus atau rahim merupakan tempat pertumbuhan dan perkembangan janin. Perempuan memiliki rahim bertipe simpleks (satu ruangan). Rahim manusia berbentuk seperti buah pear yang mengecil di bagian bawah. Bagian bawah yang mengecil tersebut di kenal dengan istilah leher rahim (serviks). Uterus terdiri dari 3 lapisan yaitu:

  • Perimetrium (lapisan luar)
  • miometriun (lapisan otot)
  • endometrium (selaput rahim

3. Vagina

Vagina merupakan bagian akhir dari saluran reproduksi. Vagina terletak didalam vulva dan berfungsi sebagai alat kopulasi. Pada lubang vagina terdapat semacam lipatan kulit tipis yang disebut selaput dara atau himen. Dan pada dinding vagina terdapat banyak selaput lendir yang berfungsi sebagai lubricant saat berhubungan intim.

loading...
Bagikan :
Back To Top