Buku Materi Sekolah

loading...

Ciri-ciri Lapisan Troposfer Atmosfer

Ciri-ciri Lapisan Troposfer Atmosfer. Troposfer adalah lapisan atmosfer yang paling dekat dengan permukaan bumi. Didalam lapisan troposfer inilah kita hidup, bernafas dan melakukan kegiatan sehari-hari. Komposisi gas dalam lapisan troposfer yang paling tinggi adalah oksigen yang kemudian di ikuti karbondioksida, nitrogen, dan lain sebagainya. Ketebalan lapisan troposfer di bagian kutub dan equator sangat berbeda. Di khatulistiwa ketebalan lapisan troposfer atmosfer dapat mencapai 12 – 16 km, sedangkan di bagian kutub, baik utara maupun selatan, ketebalan lapisan troposfer hanya sekitar 9 km.

Pada lapisan troposfer segala gejala cuaca seperti pembentukan awan, hujan, petir, topan, badai, dll terjadi. Selubung gas yang paling dekat dengan permukaan bumi ini sangat mudah sekali mengalami pemanasan. Lapisan troposfer memiliki ciri-ciri yang khusus yang membedakannya dengan lapisan atmosfer yang lain. Ciri-ciri dan fenomena yang terjadi pada lapisan atmosfer antara lain adalah:

Ciri-ciri dan Fenomena Lapisan Troposfer

1. Adanya proses pemanasan dan pertukaran panas yang terjadi baik dari permukaan bumi ke udara ataupun dari udara ke permukaan bumi. Proses pemanasan tersebut dapat terjadi oleh berbagai proses seperti konduksi, konveksi, adveksi ataupun turbulensi. Pertukaran panas ini menyebabkan semakin bertambah ketinggian maka suhu akan semakin turun. Bahkan dari hasil penelitian para ahli, setiap kenaikan 100 meter suhu akan mengalami penurunan hingga 0,5° C.

2. Ketebalan lapisan troposfer di equatir dan di daerah kutub tidak sama. Di ekuator, lapisan troposfer mempunyai ketebalan hingga mencapai 18 km dengan suhu -80°C. Sedangkan di kutub tropopause hanya mencapai ketinggian 6 km dengan suhu -40°C.

3. Lapisan udara di troposfer tidak dapat melewati Tropopause, karena memiliki masa udara yang lebi berat daripada masa udara di lapisan atas tropopause yaitu stratosfer.

4. Pada lapisan troposfer terjadi pembentukan kristal-kristal air dan debu berlian yang dapat menyebabkan terjadinya pembiasan cahaya.

4. Pada lapisan troposfer terjadi fenomena-fenomena cuaca yang tidak terjadi di lapisan atmosfer lain, diantaranya fenomena terbentuknya pelangi dan halo.

loading...
Bagikan :
Back To Top