PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Batuan dan Jenis-jenis Batuan

Batuan dan Jenis-jenis batuan dan Contoh batuan. Batuan adalah material padat yang membentuk permukaan bumi. Batuan terdiri dari senyawa-senyawa kimiawi yang disebut mineral. Di dunia ini ada ribuan jenis mineral yang antara satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan dan kesamaan. Mineral-mineral penyusun batuan tersebut ada yang merupakan unsur tunggal ada juga yang merupakan campuran dari berbagai unsur. Mineral yang merupakan unsur tunggal, contohnya: Emas, Perak, Tembaga, besi, dll. Sedangkan Mineral yang merupakan hasil campuran dari berbagai unsur seperti: Silikat, yang merupakan campuran dari unsur silikon dan oksigen, dll.

Jenis-jenis Batuan

Batuan secara umum dibedakan menjadi 3 jenis. Jenis-jenis batuan tersebut yaitu: batuan Beku, batuan Metamorf dan batuan Sedimen.

1. Batuan Beku
Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari material batuan panas yang cair yang disebut Magma yang telah mengalami pendinginan dan menjadi padat.

2. Batuan Metamorf
Batuan Metamorf adalah batuan yang telah mengalami transformasi dari batuan beku atau batuan sedimen menjadi batuan jenis baru akibat adanya pengaruh suhu dan tekanan yang sangat ekstrim.

3. Batuan Sedimen atau batuan Endapan
Batuan Sedimen adalah batuan yang terbentuk dari akumulasi hasil erosi atau hasil aktivitas kimia maupun organisme yang mengendap lapisan demi lapisan kemudian mengalami pengerasan. Batuan sedimen merupakan jenis batuan yang paling banyak terdapat di permukaan bumi yaitu sekitar tiga per empat batuan yang ada dipermukaan bumi.

Comments
0 Comments

0 comments: