PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Penyebab Mata Lelah dan Gejala Mata lelah serta Cara mengatasinya

Penyebab mata lelah, Gejala mata lelah dan cara mengatasi Mata lelah. Mata yang lelah dapat mengurangi kualitas penglihatan kita. Terlalu lama menatap komputer, membaca dapat membuat mata bekerja lebih ekstra dapat membuat mata menjadi lelah. Padahal Mata merupakan salah satu indera yang memiliki fungsi penting dan berharga. Maka untuk mengatasi mata lelah perlu diketahui lebih dahulu apa penyebab mata lelah tersebut.

Penyebab Mata Lelah

Penyebab mata lelah sangat banyak. Namun secara umum penyebab mata lelah dapat di klasifikasikan menjadi 3, yaitu:
  1. Lingkungan, seperti stres di tempat kerja, rumah dan lingkungan yang bising sehingga waktu tidur berkurang. Selain itu tekanan ke mata juga bisa diakibatkan terlalu lama menatap komputer, terlalu lama membaca di tempat redup tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak, pasokan oksigen yang tidak memadai, polusi dan asap rokok.
  2. Pola makan, kurangnya asupan air dan beberapa vitamin seperti vitamin B12, D dan K bisa berkontribusi menyebabkan mata lelah.
  3. Keturunan dan fisiologi, faktor genetik kadang memberikan pengaruh meski tidak terlalu besar dan usia yang bertambah menyebabkan penipisan dan otot-otot mata yang kendur.

Gejala Mata Lelah

Gejala yang paling umum apabila mata lelah adalah mata berair, terasa berat, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, iritasi dan lebih peka terhadap cahaya. 

Cara Mengatasi Mata Lelah

Cara mengatasi mata lelah sangatlah mudah dan sederhana. Yang paling utama dan sederhana adalah mengistirahatkan mata secara total. maksudnya adalah memejamkan mata sejenak. Namun selain cara itu ada juga cara lain yang dapat membantu mengatasi mata lelah, antara lain:
1. Mengompres mata dengan handuk atau tisu dingin, 
2. Mencuci mata dengan air dingin beberapa kali sehari bisa membantu merilekskan mata dan mengurangi ketegangan yang memicu kelelahan.
3. Menempatkan sendok dingin di mata. 
4. Menempatkan irisan mentimun, kentang atau strawberry di mata (digunakan sebagai masker)
5. Menggunakan kantong teh dingin, 
6. Merendam kapas bola dengan susu dingin atau air mawar lalu letakan di atas kelopak mata yang tertutup

Semoga artikel tentang Penyebab Mata lelah, gejala gejala Mata lelah serta cara mengatasinya dapat membantu Anda menjaga kualitas organ penglihatan Anda. Semoga bermanfaat.

Comments
2 Comments

2 comments:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

trims infonya ya sangat bermanfaat

Handy Mukti mengatakan...

Ada cr ampuh yg bnr bnr bs smbuhin pecah pembuluh darah d.otak. mohon infonya