Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Silika dan Penyakit Silikosis

Silika dan penyakit Silikosis. Silika adalah sejenis bahan yang banyak digunakan dalam bangunan dan perusahaan konstruksi.  Silika dalam bentuk padat tidak berbehaya tetapi bentuk butiran debu sangat tidak baik untuk paru-paru. Debu Silika dapat di hasilkan dari kegiatan berikut ini:
  • memotong dan membor konrit
  • melakukan konkrit sandblast
  • memotong dan membor batu
  • mengrinda konrit dan batu
  • pengeringan dinding bangunan menggunakan pasir dan semen
Partikel debu Silika yang berterbangan di udara akan terhirup saat bernafas dan terbawa ke paru-paru dan dapat menyebabkan terjangkit suatu penyakit yang di sebut penyakit Silikosis.

Penyakit silikosis adalah penyakit yang disebabkan oleh debu silika yang tehisap kedalam paru-paru. Penyakit silikosis ini sering menyebabkan timbulnya penyakit lain seperti penyakit kelumpuhan, TBC, kanker paru dan penyakit hati. Gejala awal penyakit Silikosis adalah sesak nafas dan kesulitan bernafas. progresif, tidak bisa disembukan sering paru yang rusak parah. Anda bisa melihat tidak adanya gejala dalam stage awal dan permasalahan bernafas yang buruk di dalam stage akhir.

Sekilas penyakit Silikosis yang disebabkan oleh debu silika hampir mirip dengan penyakit Mesothelioma yang disebabkan oleh pendedahan diri terhadap debu Asbestos.

Cara Mencegah Penyakit Silikosis

Jika anda bekerja di lingkungan yang banyak mengandung silika, maka perlu menangani bahan silika tersebut secara hati-hati. Misalnya :
  1. Menggunakan masker / penutup hidup agar debu silika tidak terhirup saat bernafas
  2. Lakukan pemotongan basah untuk bahan yang mengandung silika sehingga tidak ada debu yang berterbangan di udara
loading...
Bagikan :
Back To Top