Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Apendisitis / Apendiksitis | Radang Umbai Cacing

Apendisitis / Apendiksitis atau Radang Usus Buntu. Apendisitis atau Apendiksitis adalah jenis penyakit saluran Apendisitis pencernaan berupa peradangan yang terjadi pada umbai cacing  (apendiks). Radang umbai cacing ini seringkali disalah arti sebagai radang usus buntu (Sekum). Radang umbai cacing ini terjadi akibat terperangkapnya sebagian isi usus yang berupa sisa-sisa makanan kedalam apendiks. Sisa makanan yang tersumbat kedalam umbai cacing biasanya tidak dapat keluar lagi sehingga akan mengalami pembusukan yang menimbulkan infeksi pada umbai cacing. Infeksi umbai cacing inilah yang mneyebakan peradangan sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang amat sangat. Bila infeksi dan peradangan berlanjut tanpa pengobatan, umbai cacing bisa pecah dan dapat membahayakan nyawa si penderita.

Apendiks merupakan organ berbentuk tabung, panjangnya kira-kira 10 cm (kisaran 3-15 cm), dan berpangkal di sekum. Lumennya sempit di bagian proksimal dan melebar di bagian distal. Namun demikian, pada bayi, apendiks berbentuk kerucut, lebar pada pangkalnya dan menyempit ke arah ujungnya. Keadaan ini mungkin menjadi sebab rendahnya insiden appendicitis pada usia balita. Apendiks menghasilkan lendir 1-2 ml per hari. Lendir itu normalnya dicurahkan ke dalam lumen dan selanjutnya mengalir ke sekum. Hambatan aliran lendir di muara apendiks tampaknya berperan pada pathogenesis appendicitis. Immunoglobulin sekretoar yang dihasilkan GALT (gut associated lymphoid tissue) yang terdapat di sepanjang saluran cerna termasuk apendiks, ialah IgA. Immunoglobulin itu sangat efektif sebagai pelindung terhadap infeksi.

Radang umbai cacing dapat mempengaruhi jalannya proses pencernaan makanan karena lambung tidak mampu mengosongkan isisnya kedalam usus. Penderita akan merasakan sakit pada perutnya dan merasa ingin muntah. Rasa sakit yang disebelah kanan bawah dari abdomen yang disertai mual dan muntah dapat menjadi tanda gejala radang umbai cacing yang dapat menjalar ke pangkal usus buntu. Gejala itu dapat lebih dipastikan dengan cara menekan bagian yang sakit. Jika daerah ini ditekan biasanya untuk sesaat rasa sakit terhenti, tetapi begitu dilepaskan rasa nyeri yang amat sangat kembali di rasakan. Jika gejala seperti ini terjadi maka hal tersebut mengindikasikan adanya infeksi dan radang umbai cacing. Untuk menyembuhkan apendisitis biasanya ada 2 cara yang dianjurkan, yaitu meminum obat anti biotik atau melakukan Apendektomi (operasi pembuangan umbai cacing).
loading...
Bagikan :
Back To Top