Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Distilasi Sederhana | Jenis-jenis Destilasi

Distilasi Sederhana. Distilasi sederhana merupakan jenis destilasi yang paling sederhana.  Destilasi sederhana adalah salah satu cara pemurnian zat cair yang tercemar oleh zat padat/zat cair lain dengan perbedaan titik didih cukup besar, sehingga zat pencemar/pengotor akan tertinggal sebagai residu. Destilasi ini digunakan untuk memisahkan campuran cair-cair, misalnya air-alkohol, air-aseton, dll. Alat yang digunakan dalam proses destilasi ini antara lain, labu destilasi, penangas, termometer, pendingin/kondensor leibig, konektor/klem, statif, adaptor, penampung, pembakar, kaki tiga dan kasa.

destilasi alkohol Prinsip dasar distilasi sederhana adalah pemisahan suatu campuran berdasarkan perbedaan titik didih yang jauh atau dengan salah satu komponen bersifat volatil. Jika campuran dipanaskan maka komponen yang titik didihnya lebih rendah akan menguap lebih dulu. Selain perbedaan titik didih, juga perbedaan kevolatilan, yaitu kecenderungan sebuah substansi untuk menjadi gas. Distilasi ini dilakukan pada tekanan atmosfer. Aplikasi distilasi sederhana digunakan untuk memisahkan campuran air dan alkohol.

Cara melakukan destilasi sederhana:

1. Lihat dan ketahui titik didih zat campuran yang akan didistilasi.
2. Susun Alat Distilasi dengan baik dan tepat
3. Masukan campuran pada labu destilasi (isi zat dalam labu paling banyak 2/3 bagian labu) lalu masukan batu didih.
4. Isi kaleng penangas dengan zat penangas yang disesuaikan dengan titik didih sampel, juga masukan batu didih pada penangas tersebut. Panaskan penangas secara bertahap, mulai dengan api kecil hingga api besar.
5. Alirkan air pendingin.
6. Amati termometer, apabila ada cairan yang keluar sebelum mencapai titik didihnya, pisahkan cairan tersebut, sedangkan apabila termometer menunjukan titik didih sampel, tahan supaya suhu tersebut konstan dan tampung destilat yang dihasilkan.
7. Hentikan destilasi pada saat sampel hampir habis (jangan sampai kering) jika titik didih zat sampel lebih besar dari titik didih zat pencemar. Sedangkan jika titik didih zat sampel lebih kecil dari titik didih zat pencemar, maka destilasi dihentikan pada saat suhu melebihi titik didihnya sebesar ± 50C. Pindahkan penangas.
8. Tentukan indeks bias zat yang diperoleh dan bandingkan dengan harga dari buku panduan.

Distilasi sederhana ini adalah salah satu jenis distilasi yang biasanya di gunakan untuk memisahkan campuran minyak atsiri dengan air. Semoga bermanfaat.
loading...
Bagikan :
Back To Top