Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Enzim dan Koenzim

Enzim dan Koenzim. Enzim (Enzyme) adalah biokatalisator organik yang dihasilkan oleh sel-sel hidup yang bersifat koloid, larut dalam air dan berfungsi untuk mempercepat reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup tanpa ikut bereaksi. Enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa intermediat melalui suatu reaksi kimia organik yang membutuhkan energi aktivasi lebih rendahuntuk mempercepat reaksi, karena reaksi kimia dengan energi aktivasi lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama.
Sebagai katalis, enzim tidak mengubah posisi kesetimbangan reaksi kimia. Biasanya reaksi akan berjalan ke arah yang sama dengan reaksi tanpa katalis. Perbedaannya adalah, reaksi enzimatik berjalan lebih cepat dan terarah. Jika suatu reaksi berlangsung tanpa keberadaan enzim, reaksi samping kemungkinan dapat terjadi dan menghasilkan produk yang berbeda.

Enzim (Enzym) banyak sekali jenisnya yang mana masing-masing enzim hanya dapat mengkatalis satu jenis reaksi saja, sehingga seringkali enzim tersebut diberi nama sesuai dengan reaksi yang dikatalisnya dan biasanya diakhiri dengan kata -ase. Seperti amilase (enzim yang merombak pati menjadi glukosa), Laktase ( enzim yang menguraikan laktosa dalam susu), dll. Ada juga enzim yang mempunyai nama biasa seperti, pepsin, erepsin, dll.

Koenzim (Coenzyme) adalah suatu kofaktor organik yang berfungsi untuk mengaktifkan enzim dengan cara mentranspor gugus kimia atau elektron dari satu enzim ke enzim lainnya . Contoh koenzim mencakup NADH, NADPH dan adenosina trifosfat. Gugus kimiawi yang dibawa mencakup ion hidrida (H) yang dibawa oleh NAD atau NADP+, gugus asetil yang dibawa oleh koenzim A, formil, metenil, ataupun gugus metil yang dibawa oleh asam folat, dan gugus metil yang dibawa oleh S-adenosilmetionina. Beberapa koenzim seperti riboflavin, tiamina, asam folat, vitamin B adalah jenis koenzim yang berupa vitamin.

Enzim dan Koenzim berperan penting terhadap reaksi kimia oranik dalam tubuh makhluk hidup Dimana satu dan yang lainnya saling mendukung. Tanpa Koenzim, enzim akan sukar diaktifkan. Tanpa Enzim, Koenzim tidak diperlukan.
loading...
Bagikan :
Back To Top