PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Jenis-jenis Alat Ukur

Jenis-jenis Alat ukur. Alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengetahui nilai suatu besaran melalui kegiatan pengukuran. Alat-alat ukur yang sesuai dengan SI dibuat dengan dasar satuan standar misalnya satuan panjang (meter), satuan massa (gram) dan satuan waktu (second/detik). Berikut ini adalah beberapa jenis alat ukur yang sering digunakan dalam pengukuran.

Jenis-jenis alat ukur

1. Alat ukur Panjang
Alat ukur panjang adalah alat yang digunakan untuk mengukur panjang suatu benda. Jenis alat ukur panjang antara lain penggaris, rol meter, jangka sorong dan mikrometer sekrup.
  • Penggaris
    Penggaris adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda-benda yang tidak terlalu panjang. Pada umumnya penggaris hanya mempunyai skala 30 cm saja. Namun ada juga penggaris panjang yang ukurannya mencapai 1 meter.
  • Rol Meter
    Rol meter digunakan untuk mengukur jarak yang agak jauh misalnya lebar jalan, panjang halaman dan jarak lompatan.
  • Jangka Sorong
    Jangka sorong adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukuur benda yang panjangnya maksimum 10 cm. Jangka sorong berbeda dengan pengaris ataupun rol meter. Karena skala bacaan jangka sorong lebih kompleks dan hasil pengukurannya juga lebih teliti.
  • Mikrometer Sekrup
    Mikrometer Sekrup digunakan untuk mengukur benda dengan panjang maksimum 2,5 cm.
2. Alat ukur Massa
Alat ukur massa adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui berat suatu benda. Alat penggukur massa banyak jenisnya. Seperti timbangan duduk, neraca sama lengan, neraca Ohaus dan neraca elektronik.
  • Neraca sama lengan
    Neraca sama lengan digunakan untuk mengukur massa benda yang ringan dan tidak terlalu besar. Pada umumnya neraca sama lengan digunakan untuk menimbang emas.
  • Timbangan duduk
    Timbangan duduk biasanya digunakan oleh para pedagang di pasar atau ditoko. Timbangan duduk dilengkapi dengan alat penimbang (timbel) mulai 0,5 ons, 1 ons, 2 ons, 0,5 kg dan 1 kg.
  • Neraca Ohaus
    Neraca Ohaus digunakan untuk mengukur massa benda dengan ketelitian pengukuran hingga 0,1 gram
  • Neraca Elektronik
    Neraca Elektranik digunakan untuk mengukur massa benda dengan ketelitian pengukuran 0,10 mg
3. Alat ukur Waktu
Alat umur Waktu adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu. Contohnya Arloji, stopwatch dan jam atom.
  • Arloji
    Arloji selain sebagai alat pengukur waktu juga merupakan sebuah perhiasan atau accesorries yang dikenakan di pergelangan tangan.
  • Jam dinding atau jam gantung
    Jam dinding biasanya tergantung di dinding dan digunakan untuk mengukur waktu dalam kehidupan sehari-hari. j
  • Stopwatch
    Stopwatch digunakan untuk mengukur waktu dengan ketelitian hingga 1/100 detik (stopwatch analog) bahkan ada juga stopwatch yang tingkat ketelitiannya mencapai 1/1000 detik (Stopwatch Digital).
  • Jam atom
    Jam atom adalah alat pengukur waktu yang mempunyai tingkat ketelitian paling tinggi. Lebih tinggi dari tingkat ketelitian jam pendulum ataupun stopwatch.
Selain jenis-jenis alat ukur diatas, masih ada lagi jenis alat ukur yang lain yang digunakan untuk mengukur luas dan Volume benda. Untuk mengetahui lebih lanjut simak saja : Cara mengukur Luas dan Volume benda
Comments
0 Comments

0 comments: