PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Elektroforesis | Pengertian dan Definisi | Sifat-sifat Koloid

Pengertian dan Definisi Elektroforesis. Elektroforesis adalah pergerakan partikel-partikel koloid dalam medan listrik ke masing-masing elektrode. Jika sepasang elektrode dimasukan kedalam sistem koloid, partikel koloid yang bermuatan positif akan menuju elektroda negatif (katode) dan partikel koloid bermuatan negatif akan bergerak menuju elektrode positif (anode). Karena itu elektroforesis koloid dapat digunakan untuk menentukan jenis muatan suatu koloid.

Elektroforesis atau peristiwa bergeraknya partikel-pertikel koloid ke salah satu elektrode menunjukan bahwa partikel koloid bermuatan listrik. Partikel-partikel koloid dapat bermuatan listrik karena terjadi penyerapan ion pada permukaan partikel koloid. Kestabilan sistem koloid disebabkan adanya muatan listrik pada permukaan partikel kolloid, selain karena adanya gerak Brown. Pada peristiwa elektroforesis, partikel kolloid akan dinetralkan muatannya dan digumpalkan pada elektrode. Gejala ini dapat diamati dengan menggunakan alat sel elektrolisis.

Manfaat dan penggunaan Elektroforesis Koloid

Sifat Elektroforesis koloid selain berfungsi untuk menentukan muatan suatu partikel koloid juga digunakan dan di manfaatkan dalam industri. Pemanfaatan dan penggunaan sifat elektroforesis koloid dalam industri antara lain:
1. Pada Proses pembuatan sarung tangan karet
2. Untuk mengurangi pencemaran udara dengan metode Cottrel

Elektroforesis Koloid melengkapi keistimewaan koloid sebagai zat yang istimewa dan multi guna.
Comments
0 Comments

0 comments: