Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Imunisasi dan Vaksinasi | Tujuan dan Fungsi

Tujuan dan Fungsi Imunisasi dan Vaksinasi. Vaksinasi dan Imunisasi adalah dua kata yang memiliki arti hampir sama meski tidak serupa. Imunisasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu antigen, sehingga bila kelak ia terdedah pada antigen yang serupa, tidak terjadi penyakit. Vaksinasi adalah pemberian vaksin kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut.

Tujuan dan Fungsi Imunisasi dan Vaksinasi

Tujuan imunisasi adalah merangsang sistem imunologi tubuh untuk membentuk antibodi spesifik sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Tujuan Vaksinasi adalah menstimulasi reaksi kekebalan tanpa menimbulkan penyakit.

Fungsi Imunisasi dan Vaksinasi adalah untuk menjaga kesehatan masyarakat agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu imunisasi dan vaksinasi juga dapat menurunkan angka kejadian penyakit, kecacatan maupun kematian akibat dari infeksi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi dan vaksinasi (Vaccine-preventable disease). Imunisasi dan vaksinasi tidak hanya memberikan perlindungan pada individu melainkan juga pada komunitas terutama untuk penyakit yang ditularkan melalui manusia.

loading...
Bagikan :
Back To Top