Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Sekilas tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Dunia

Sejarah K3 atau Keselamatan dan kesehatan kerja. K3 adalah singkatan dari keselamatan dan kesehatan kerja, sebuah program yang bertujuan untuk melindungi hak-hak pekerja yang seringkali bekerja ditempat-tempat yang rawan bencana ataupun melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatannya. K3 merupakan suatu bentuk pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan. Dengan adanya program K3 diharapkan keselamatan dan kesehatan pekerja dapat terjamin.

Sejarah K3 sendiri dapat di telusuri sejak zaman dahulu kala. tepatnya berabad-abad sejak zama raja Hamurabi yang memerintah Babylonia hingga zaman modern ini dimana industri berat ataupun ringan berkembang dengan sangat pesat. Untuk mengetahui lebih rinci sejarah bermulanya program K3 silahkan baca artikel yang berkaitan dengan Sejarah K3 berikut ini:

1. Sejarah K3
2. Sejarah K3 dan dasar-dasar keselamatan dan kesehatan kerja 
3. Sejarah Kesehatan dan keselamatan kerja (K3)

Secara umum program K3 difokuskan pada permasalahan kesehatan dan keselamatan kerja yang ada sebatas di lingkungan industri dan pekerja. Program K3 selalu mengalami revisi dan perbaikan berdasarkan pada pengalaman sejarah K3 atau peristiwa-peritiwa yang berhubungan dengan keselamatan dan kesehatan kerja. Seiring berkembangnya zaman, perkembangan K3 mulai menyentuh aspek-aspek yang sifatnya publik atau untuk masyarakat luas. Penerapan aspek-aspek K3 mulai menyentuh segala sektor aktifitas kehidupan dan lebih bertujuan untuk menjaga harkat dan martabat manusia serta penerapan hak asazi manusia demi terwujudnya kualitas hidup yang tinggi.

loading...
Bagikan :
Back To Top